Eximbank Dikucuri US$45 Juta dari IDB

Selasa, 01/07/2014

NERACA

Jakarta - Indonesia Eximbank mendapatkan pinjaman senilai US$45 juta dari Islamic Development Bank (IDB) untuk mendukung pengembangan industri ekspor nasional. Dalam keterangan pers Indonesia Eximbank yang diterima di Jakarta, Minggu (29/6), disebutkan kesepakatan perjanjian pinjaman ini dilakukan dalam acara "The 39th Annual Meeting Of The Islamic Development Bank" di Jeddah.

Indonesia Eximbank akan menggunakan pinjaman ini untuk mendukung industri ekspor di Indonesia serta impor barang dan jasa, yang berhubungan dengan mesin, peralatan dan bahan baku dari negara-negara anggota IDB. "Pinjaman ini untuk dukungan langsung maupun tidak langsung ekspor berkaitan dengan barang dan jasa dalam sektor infrastruktur, agrikultur dan manufaktur," bunyi keterangan pers tersebut.

Pinjaman yang memiliki "availability period" selama tiga tahun dari kesepakatan perjanjian, menunjukkan bahwa IDB yakin dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia, khususnya dengan peran dan performa Indonesia Eximbank.

Hal ini secara langsung telah mengindikasikan adanya pengakuan untuk Indonesia Eximbank dari lembaga keuangan multilateral lainnya atas kinerja perusahaan selama ini. IDB merupakan institusi keuangan internasional yang berfokus pada pengembangan pembangunan ekonomi dan kemajuan sosial dari negara-negara anggota dan masyarakat muslim sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. [ardi]