Garda Oto Rengkuh "Most Recommended Brand 2014"

Selasa, 01/07/2014

NERACA

Jakarta - Di penghujung semester I 2014, Garda Oto dari Asuransi Astra berhasil mendapatkan penghargaan dalam ajang Word of Mouth Marketing Award 2014 sebagai Number 1 Most Recommended Brand untuk kategori asuransi mobil. Penghargaan ini diterima secara langsung oleh Santosa, CEO Asuransi Astra Buana (Garda Oto) di Intercontinental – Mid Plaza, Jakarta, Senin (23/6).

Word of Mouth Marketing Award merupakan penghargaan yang diselenggarakan oleh Majalah SWA bekerjasama dengan Onbee Marketing Research. Dalam penyelenggaraannya yang ke-6 ini, survei dilakukan terhadap 1.799 responden berusia 15-55 tahun untuk mengukur merek apa saja yang paling direkomendasikan pelanggan.

Survei dilakukan dari Maret hingga April 2014 di tujuh kota besar, yaitu Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, dan Denpasar. Adapun kriteria responden diklasifikasikan berdasar pria atau wanita dan SES A hingga E.

Teknik pemilihan responden menggunakan multistage random sampling. Booster ditambahkan pada beberapa kategori produk dengan purposive random sampling untuk keperluan asumsi analisis. Sementara, wawancara dilakukan melalui tatap muka langsung dan Computer Assisted Telephone Interviewing dengan menggunakan daftar pertanyaan terstruktur.

Metodologi survei untuk menghasilkan the most recommended brand ini ditentukan berdasarkan skor WOMM Index (WOMMI) tertinggi di tiap kategori produk. Skor ini dihitung melalui formulasi antara fungsi word of mouth (advocacy equity) dan fungsi jejaring sosial (network equity) sebagai faktor multiplier.

Fungsi word of mouth terdiri dari tiga variabel, yaitu: Talking (sejauh mana sebuah merek memiliki cerita menarik untuk diceritakan oleh pelanggan), Promoting (bagaimana merek itu direkomendasikan dengan positif oleh pelanggan), Selling (bagaimana cerita tersebut bisa menjadi faktor yang mengonversi orang lain untuk membeli produk yang direkomendasikan).

Sementara itu, jejaring sosial dalam survei WOMM ini menunjukkan sejauh mana penyebaran WOM sebuah merek dihubungkan dengan jaringan pertemanan yang dimiliki oleh pelanggan/pengguna. Variabel jejaring sosial sebagai pengali dari ketiga variabel advocacy index (word of mouth).

Dari hasil pengalian tersebut, diperoleh peringkat WOMMI. Berdasarkan hasil WOMM 2014, dari 90 kategori merek dari 13 industri, Garda Oto berhasil menjadi pemuncak diantara pesaing lain di kategori asuransi mobil dengan nilai 209,97.

Menurut Santosa, WOMMA 2014 yang diraih Garda Oto kali ini menjadi menarik mengingat Garda Oto dan Asuransi Astra baru saja meluncurkan logo baru seiring dengan bertambahnya layanan-layanan dan kualitas yang dimiliki oleh Garda Oto dan Asuransi Astra untuk para pelanggan yang akan semakin memberikan kemudahan, kenyamanan, dan ketenangan. [ardi]