XL Axiata Kantungi Pinjaman Rp 1,2 Triliun - Danai Ekspansi Bisnis

NERACA

Jakarta – Tahun ini merupakan tahun investasi yang digalakkan PT XL Axiata Tbk (EXCL) sebagai emiten operator telekomunikasi. Pasalnya, disamping sukses mengakuisisi Axis, perseroan juga terus meluncurkan berbagai macam produk dan inovasi layanan dan teranyar perseroan akan fokus menguasai pasar digital service untuk mendukung pendapatan perseroan.

Maka untuk mendanai ekspansi bisnis tersebut, perseroan belum lama ini meraih fasilitas pinjaman dari United Overseas Bank Limited sebesar US$ 100 juta atau setara Rp1,2 triliun (kurs Rp12.000). Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin.

Corporate Secretary XL Axiata Murni Nurdini mengatakan, perjanjian pinjaman tersebut telah ditandatangani kedua pihak pada 25 Juni 2014. Adapun jangka waktu pinjaman selama tiga tahun sejak tanggal penarikan. Sementara tujuan dari pinjaman ini adalah untuk tujuan umum perusahaan,”Termasuk untuk keperluan belanja modal (capital expenditure) dan/atau pembiayaan utang,”ujarnya.

Asal tahu saja, tahun ini, perseroan mengalokasikan belanja modal sebesar Rp7 triliun atau di bawah tahun lalu yang mencapai Rp8 triliun. Sumber pendanaan belanja modal berasal dari kas internal dan pinjaman. Dana belanja modal tersebut sebagian besar digunakan untuk mengembangkan jaringan 2G dan 3G (BTS dan Node B).

Sementara sepanjang tiga bulan pertama tahun ini, XL Axiata berhasil membukukan kenaikan laba bersih sebesar 20% menajdi Rp378,9 miliar dibanding periode yang sama tahun lalu Rp315,5 miliar. Naiknya laba bersih tersebut didukung meningkatnya pendapata sekitar 10% dari Rp5 triliun menjadi Rp5,5 triliun.

Kemudian menyambut bulan suci Ramadhan dan Lebaran nanti, meluncurkan program ’Berkah Ramadan Sampai Puas’. Sepanjang bulan suci Ramadan hingga liburan Hari Raya Idul Fitri, XL telah menyiapkan serangkaian program dan layanan menarik yang didukung jaringan yang cepat dan stabil.

Rangkaian program tersebut yaitu antara lain program Menang Berkah Tiap Jam Tiap Hari yang menawarkan beragam hadiah, kegiatan ngabuburit di berbagai tempat, posko mudik, kartu perdana bebas bonus, beli paket berhadiah, hingga asuransi khusus mudik selama bulan Ramadan dan Lebaran. Presiden Direktur XL, Hasnul Suhaimi mengatakan, Ramadan bulan penuh berkah. XL dengan bangga menghadirkan beragam layanan khusus untuk membantu para pelanggan dan masyarakat meraih berkah Ramadan, “Tentunya kami juga tidak lupa menyiapkan jaringan yang berkualitas untuk bisa menopang semua layanan khusus ini. Kami ingin pelanggan bisa beribadah, bersilaturahmi, dan berlibur dengan dukungan layanan XL yang andal,”ujarnya.

Hasnul menambahkan, XL juga telah menyiapkan berbagai sumber daya untuk memastikan layanan XL sepanjang Ramadan hingga libur Lebaran tetap terjaga dengan baik. Teknisi XL akan bersiaga selama 24 jam/hari, pengerahan semua perangkat yang diperlukan termasuk armada Mobile BTS di berbagai daerah bertrafik tinggi. Selain itu, penambahan sumber daya untuk menjaga layanan pelanggan melalui unit contact center 817 akan siap membantu kebutuhan pelanggan. XL juga mengoptimalkan XL Center yang ada di kota-kota besar untuk siap melayani pelanggan pada hari pertama Lebaran. (bani)

Related posts