Bantu Tiga Proyek Sosial - CSR Perdana Tata Motors

NERACA

Setelah hadir di Indonesia pada 11 September 2012 dan mulai memasarkan produknya sejak Desember 2013, produsen otomotif asal India, PT. Tata Motors Indonesia (TMI), menggelar program donasi Corporate Social Responsibility (CSR) perdananya.

Program Inspiraksi, dengan moto "Hati Tergerak Tangan bergerak", dilakukan melalui media sosial Facebook Tata Motors Indonesia. Program tersebut dilaksanakan bersama Dompet Dhuafa sebagai penyalur dana bantuan, di bawah bimbingan Kedutaan Besar India di Jakarta dan Baramulti Sukses Sarana sebagai partner. 

"Tata Motors Indonesia berkomitmen untuk memberikan kontribusi pada komunitas dengan mengadakan program CSR. Ini adalah CSR pertama kami", kata Biswadev Sengupta, Presiden Direktur PT Tata Motors Indonesia (TMI) dan PT Tata Motors Distribusi Indonesia kepada pers seusai acara.

Biswadev melanjutkan, dirinya kurang sepakat dengan penamaan CSR, mengingat biasanya sebuah perusahaan mendapatkan untung dari penjualan terlebih dahulu, baru melakukan CSR.

"Padahal kami baru hadir di Indonesia. Program CSR kami yang bertajuk Inspiraksi ini, pada dasarnya merupakan aspirasi dari masyarakat dan untuk masyarakat," kata Biswadev.

Bedanya dengan program CSR yang lain, sambung dia, Inspiraksi menampung inspirasi langsung dari sahabat Tata Motors di Facebook dalam menentukan sosok yang paling inspiratif dan proyek sosial  yang perlu dibantu pendanaannya.

“Kami hanya memfasilitasi,” ujar Biswadev Sengupta 

Sementara itu, Deputi General Manager Marketing PT TMI, Apong Arfiansyah mengatakan bahwa INSPIRAKSI merupakan program CSR yang peluncuran tahap I sejak dilaksanakan sejak Juni 2013 lalu. Dari ratusan saran dan inspirasi solusi di media social Facebook yang masuk setelah peluncuran itu, terpilih tiga proyek sosial untuk pelaksanaan tahap I.

Tiga program sosial dengan sosok inspiratif masing-masing adalah "Desa Penebar Kecerdasan" oleh Muhammad Fauzi, "Kampung Sahabat Desain Grafis" oleh Solehuddin dan "Sekolah Rakyat Untuk Sumbawa Barat" oleh Sri Astuti.

"Total dana untuk CSR tahap I ini sebesar Rp 500-Rp 600 juta," kata Apong.

Namun, bantuan yang diberikan bukan berbentuk tunai, tapi berupa bantuan fasilitas-fasilitas sesuai yang dibutuhkan tiga penerima CSR tadi, seperti beberapa perangkat komputer, buku-buku, alat transportasi, renovasi fasilitas belajar, hingga pelatihan dan pemantauan oleh Dompet Dhuafa selama enam bulan sampai satu tahun ke depan. 

Apong melanjutkan bahwa PT TMI akan melakukan CSR sebanyak tiga kali, yakni tahap I pada 2013/2014, tahap II pada 2014/2015, dan tahap III pada 2015/2016 senilai total lebih dari Rp 1 miliar. 

BERITA TERKAIT

Ikuti Instruksi Boikot dari MUI - Produk Terafiliasi Bisa di Akses Via Web dan Aplikasi

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan tidak punya otoritas mengeluarkan daftar produk terafiliasi Israel, namun tetap mendorong konsumen Muslim agar aktif…

Gelar Charity Program di Panti - Sharp Greenerator Tularkan Kepedulian Lingkungan

Membangun kepedulian pada lingkungan sejak dini menjadi komitmen PT Sharp Electronics Indonesia. Kali ini melalui Sharp Greenerator komunitas anak muda…

Melawan Perubahan Iklim dengan Sedekah Pohon

Momentum Ramadan sebagai bulan yang pernuh berkah tidak hanya menyerukan untuk berbagi kepada sesama, tetapi juga pada lingkungan. Hal inilah…

BERITA LAINNYA DI CSR

Ikuti Instruksi Boikot dari MUI - Produk Terafiliasi Bisa di Akses Via Web dan Aplikasi

Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyatakan tidak punya otoritas mengeluarkan daftar produk terafiliasi Israel, namun tetap mendorong konsumen Muslim agar aktif…

Gelar Charity Program di Panti - Sharp Greenerator Tularkan Kepedulian Lingkungan

Membangun kepedulian pada lingkungan sejak dini menjadi komitmen PT Sharp Electronics Indonesia. Kali ini melalui Sharp Greenerator komunitas anak muda…

Melawan Perubahan Iklim dengan Sedekah Pohon

Momentum Ramadan sebagai bulan yang pernuh berkah tidak hanya menyerukan untuk berbagi kepada sesama, tetapi juga pada lingkungan. Hal inilah…