Membuat Rumah Hemat Energi

Rencana kenaikan Tarif Dasar Listrik tentu saja membuat masyarakat sedikit kalang kabut. Karena dengan demikian, kenaikan tarif tersebut membuat Anda menjadi merasa dibatasi untuk menggunakan perangkat elektronik yang dimiliki.

Tentu tidak mau kebobolan bukan, untungnya saat ini telah ada begitu juga banyak arsitek merancang rumah yang berkonsep pencahayaan langsung dari luar rumah, konsep ini ternyata tak hanya baik untuk kesehatan, juga sangat baik untuk kantong Anda.

Jiak kemudian timbul niatan untuk membangun rumah ramah hemat energi. ada beberapa kiat yang patut diketahui. Berikut ulasan singkatnya.

Pertama, jangan memilih untuk membangun rumah di pemukiman padat. Karena hunian Anda akan kesulitan untuk memperoleh cahaya. Bila perlu, pilih lah letak rumah yang kondisi tanahnya menghadap arah matahari.

Kemudian, rumah yang dibangun harus mempunyai jendela sebagai sirkulasi udara dan cahaya matahari kedalam rumah, karena itu baik buat kesehatan dan juga sirkulasi udara yang keluar masuk. Hal itu membuat ruangan tidak pengap karena sirkulasi udara berjalan dengan baik.

Lalu, gunakan atap yang mampu ditembus cahaya. Seperti dari kaca atau plastik, dengan demikian cahaya dapat tembus kedalam rumah dan penghuninya pun bisa menghemat pengeluaran di sektor energi.

Begitu juga setiap ruang kamar tidur ataupun ruang dapur, karena pencahayaan diruang tersebut amat penting, buat sirkulasi udara yang berganti setiap harinya dan juga hemat dari pengunanan listrik dari pemakaian AC juga. Buatlah bangunan dengan ruangan yang tidak memiliki banyak sekat, ruangan yang ada mampu di jangkau cahaya.

Related posts