Transfer Pengetahuan dan Teknologi - JICT Kirimkan Karyawan Berikan Pelatihan di Pelabuhan Skala Internasional

Transfer pengetahuan dalam organisasi memegang peranan penting dalam implementasi knowledge management system (KMS). Teknologi informasi yang maju mendukung untuk dilakukannya sharing dan learning.

 

NERACA

Salah satu faktor penentu sukses tidaknya suatu KMS tergantung pada adanya transfer pengetahuan dalam organisasi. Transfer pengetahuan hanya bisa berjalan jika diintegrasikan dengan system kebijakan dalam organisasi tersebut. Kesadaran individual untuk melakukan sharing tidak akan muncul jika tidak ada pendukung dari organisasi.

Ya, sekarang ini, sulit memikirkan produk atau jasa yang tidak memerlukan kontribusi dan kerjasama yang bersumber dari berbagai pengetahuan.

Dalam kerjasama, tugas adalah berbagi pengetahuan yang cukup karena adanya interseksi bagian-bagian yang berbeda dalam organisasi sehingga setiap orang bisa memahami satu dengan lainnya dan membangun dari ide masing-masing.

Setiap pihak yang terlibat dapat mengambil peran sumber pengetahuan atau penerima pengetahuan pada waktu berbeda selama kolaborasi berlagsung

Berpijak dari hal tersebut, PT Jakarta International Container Terminal (JICT), anak perusahaan patungan antara Hutchison Port Holdings (HPH) dan Indonesia Port Corporation (IPC) mengirimkan karyawan untuk memberikan pelatihan di  terminal petikemas skala international di Sohar, Oman dan Dar er Salam, Tanzania. Kedua terminal tersebut merupakan terminal petikemas yang dikelola oleh Hutchison Port Holdings Group (HPH). 

Karyawan yang dikirimkan merupakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki keahlian dibidang operasional JICT dan akan memberikan pengalaman mereka kepada pegawai di pelabuhan Oman dan Tanzania. 

Presiden Direktur JICT, Albert Pang mengatakan, pengiriman karyawan ke jaringan pelabuhan membuktikan bahwa karyawan JICT profesional dan berkualitas. Sebagai operator terminal petikemas terbesar di Indonesia, JICT memiliki sistem layanan dan teknologi terbaik yang menjadikan perusahaan sebagai salah satu operator petikemas terbaik di Asia.

“Pengiriman tenaga ahli JICT ke dua terminal international tersebut menjadi bukti bahwa kami memiliki standar layanan tinggi dan diakui di dunia. Kami berharap keahlian dan pengalaman karyawan JICT dapat disampaikan kepada koleganya di pelabuhan Oman dan Tanzania sehingga layanan dua pelabuhan dapat terus meningkat," kata Albert di Jakarta belum lama ini.

Karyawan JICT diberangkatkan pada 8 Juni 2014 hingga periode waktu sembilan bulan hingga satu tahun ke depan. Selama program berlangsung, mereka akan memberikan materi dan pengalaman operasional kepada karyawan pelabuhan di Oman dan Tanzania.

Sebagai perusahaan terminal peti kemas dengan standar pelayanan dunia, JICT terus berusaha meningkatkan kontribusinya dalam meningkatkan pelayanan yang lebih baik, dengan melakukan transfer of knowledge dan transfer of technology kepada sumber daya manusia (SDM) di Indonesia. Melalui peningkatan kualitas SDM dan infrastruktur, JICT terus berusaha meningkatkan kapasitas layanan dan kemudahan bagi para konsumen di pelabuhan.

Dengan kualitas layanannya, JICT berhasil meraih sejumlah penghargaan seperti sebagai pemenang pertama untuk kategori  terminal petikemas terbaik di Asia dengan produktivitas dibawah 4 juta TEUs (twenty-foot equivalent units) pada penghargaan Asian Freight and Supply Chain Award (AFSCA). JICT juga meraih penghargaan sebagai Terminal Petikemas Terbesar dan Paling Efisien di Indonesia pada penghargaan Indonesia National Shipowners Association (INSA) 2013.

Menurut Albert, JICT telah berhasil menyempurnakan sistem layanan di Pelabuhan Tanjung Priok. Setelah mengoperasikan JICT Autogate System (JAGS) di tahun 2013, pada bulan Maret 2014, JICT meluncurkan sistem pembayaran online terintegrasi yakni JICT online Billing and Payment System (JOBPAYS).

Penagihan dan pembayaran transaksi terminal secara online tersebut memungkinkan pelanggan untuk bertransaksi secara tepat waktu dan efisien. Sistem pembayaran tersebut terintegrasi dengan sistem manajemen container terminal terbaik di Asia saat ini “N-Gen” yang dibuat oleh Hutchison Port Holdings.

Sampai tahun 2013, JICT memiliki kapasitas sebanyak 3 juta TEUs. Diakhir tahun 2013 produktivitas kapal di JICT mencapai 184 gerakan perjam (move per hour) saat melayani MV MOL Dawn. Sementara produktivitas crane mencapai 58 gerakan ketika melayani kapal Hanjin Jebel Ali. Pencapaian itu merupakan yang tertinggi sepanjang sejarah JICT.

Albert menambahkan, untuk meningkatkan kinerja JICT, tahun ini perusahaan telah mengalokasikan dana sebesar US$40 juta untuk investasi peralatan dan pembangunan pintu masuk (gate) baru yang terhubung dengan JORR yang akan dibangun menuju pelabuhan. Keberadaan automatic gate system baru ini akan melengkapi automatic gate system (JAGS) yang beroperasi.

BERITA TERKAIT

40.164 Sekolah Miliki Siswa Berkebutuhan Khusus

    Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyebutkan terdapat 40.164 satuan pendidikan formal di Indonesia yang memiliki peserta…

Perpusnas Bikin Kegiatan Mudik Asyik Baca Buku

  Perpustakaan Nasional (Perpusnas) menyambut baik kegiatan mudik asyik baca buku tahun 2024 yang diinisiasi oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan…

Mengajak Anak untuk Ikut Mudik, Perhatikan Hal Ini

  Datangnya bulan Ramadan selalu bersamaan dengan persiapan umat muslim untuk pulang ke kampung halaman dengan tujuan berkumpul bersama keluarga…

BERITA LAINNYA DI

40.164 Sekolah Miliki Siswa Berkebutuhan Khusus

    Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyebutkan terdapat 40.164 satuan pendidikan formal di Indonesia yang memiliki peserta…

Perpusnas Bikin Kegiatan Mudik Asyik Baca Buku

  Perpustakaan Nasional (Perpusnas) menyambut baik kegiatan mudik asyik baca buku tahun 2024 yang diinisiasi oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan…

Mengajak Anak untuk Ikut Mudik, Perhatikan Hal Ini

  Datangnya bulan Ramadan selalu bersamaan dengan persiapan umat muslim untuk pulang ke kampung halaman dengan tujuan berkumpul bersama keluarga…