Tips Mendesain Rumah Ramah Lingkungan

Kerusakan lingkungan memang telah menjadi perbincangan yang sering dibicarakan, dampaknya sendiri sangatlah berbahaya bagi kehidupan manusia. Penyebabnya beraneka ragam, bahkan rumah bisa menjadi salah satu penyebab kerusakan lingkungan. Rumah menjadi salah satu cara mengurangi dampak dari perubahan iklim dan kerusakan lingkungan. Rumah ramah lingkungan kini memang sudah menjadi gaya hidup masyarakat perkotaan. Selain ramah terhadap lingkungan, rumah ramah lingkungan umunnya berdesain minimalis dan sangat menarik.

Bagi Kita yang inginmembangunhunianberwawasanlingkungan, rumah hijau, desain arsitektur yang berkesinambungan dengan alam sekitar maka ada beberapa hal yang perlu kita ketahui terlebih dahulu. Penggunaan material daur ulang ataupun yang dapat di daur ulang, atap hijau yang merupakan atap yang terbuat dari tanah dan vegetasi, kayu alami atau olahan, batuan alam yang disusun menjadi dinding yang suatu waktu bila dibongkar maka bisa diolah kembali ataupun dikembalikan ke alam tanpa merusaklingkunganaslinya.

Tentunya lokasi harus diperhatikan, semisal kita menginginkan rumah yang menggunakan tenaga surya maka kita harus yakin bahwa lokasi rumah kita bisa mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Di indonesia biasanya atap yang miring kearah selatan sangat diutamakan karena panel surya paling banyak mendapatkan cahaya matahari dari arah ini. Alternatif lain misalnya penggunaan listrik tenaga angin atau air, walaupun masih jarang tapi telah ada. Lainnya adalah kita juga perlu memperhatikan bahwa usaha kita ini tidak merusak habitat alami yang sudah ada.

Pilihlah tanaman atau tumbuhan lokal yang ada dari sekitar kita sebisa mungkin. Tumbuhan lokal tidak akan keluar dari tema keseragaman tumbuhan yang telah ada disekitarnya sehingga menghindarkan perbedaan yang membuat timpang dengan sekelilingnya, dan karena mereka telah teradaptasi dengan area sekitar biasanya mereka akan menjadi tangguh dan hanya memerlukan sedikit sekali perawatan. Jangan lupa pikirkan juga fungsi dari pertamanannya, misalkan di area luar yang membutuhkan aktifitas kita mungkin memilih jenis tumbuhan peneduh dan bagi daerah lainnya tumbuhan rendah sebagai pembatas antar fungsi kegiatan.

Kita mungkin perlu menyewa layanan jasa arsitek untuk merencanakanhuniankita, karena mereka biasanya telah memilik tim atau jaringan yang ahli dibidangnya masing-masing, arsitek, interior, lansekap dan lainnya. Kita bisa memeriksa di Internet layanan jasa arsitek sesuai kota yang kita inginkan, tempat dimanahuniankita akan dibangun.

Tinggal di rumah yang sepenuhnya menggunakan dan memberdayakan potensilingkungansekitar dengan tetap menjaga keutuhannya merupakan keberhasilan bagihunianramahlingkungan. Jika itu memang belum memungkinkan kita bisa mencoba menggunakan penyimpanan energi dan air untuk kehidupan sehari-hari, instalasi panel surya sebagai alternatif tambahan energi atau penerapan sistem pemanfaatan air hujan sebagai tambahan air kita.

Related posts