Rumah Sakit Pondok Indah Group Terapkan Sistem Informasi Rumah Sakit Digital

NERACA

Tahun ini, Rumah Sakit Pondok Indah Group menerapkan sistem informasi rumah sakit baru pada jaringan teknologi informasi di RS Pondok Indah untuk menjadi digital hospital pertama di Indonesia.

Sistem informasi baru tersebut bersifat menyeluruh, yang diimplementasikan baik dalam administrasi pasien, maupun layanan klinis dan penunjang medis. Menjadi digital hospital menunjukkan komitmen Rumah Sakit Pondok Indah Group untuk selalu menghadirkan layanan dan fasilitas kesehatan terdepan bagi pasien.

“Selain layanan medis, kenyamanan dan kemudahan menjadi hal yang didambakan pasien saat berkunjung ke rumah sakit,” tutur CEO Rumah Sakit Pondok Indah Group, Dr. Yanwar Hadiyanto, MARS.

Menurutnya selain berinvestasi pada teknologi medis, Rumah Sakit Pondok Indah Group juga tidak ragu untuk berinvestasi pada sistem informasi rumah sakit demi kecepatan, kemudahan, dan ketepatan dalam melakukan tindakan medis. Penerapan sistem informasi digital menjadikan semua informasi terintegrasi secara online dan rekam medis pasien akan tercatat secara real time.

Hal tersebut memudahkan tim medis untuk mengakses data sehingga pelayanan terhadap pasien akan lebih cepat dan tepat. Dan untuk menjamin keamanan sistem digital ini, semua data harus diakses dengan password dan hanya dapat dibuka oleh tim medis yang melayani dan/atau merawat pasien.

Dengan electronic medical records atau rekam medis elektronik, semua catatan rekam medis, kunjungan pasien ke dokter untuk rawat jalan, riwayat operasi dan riwayat penyakit tercatat dalam e-medical records yang mempersingkat waktu pelayanan untuk mencari catatan fisik rekam medis pasien. Hasil pemeriksaan, termasuk hasil pemeriksaan laboratorium dan radiologi, juga akan tercatat secara digital dan dapat diakses dengan cepat oleh tim medis.

Pembacaan diagnostik pasien juga menjadi sangat cepat karena semua peralatan radiologi imaging dan lab terintegrasi dengan sistem komputer sehingga hasilnya bisa segera digunakan untuk mengambil keputusan oleh klinisi yang merawat pasien. Bahkan data seperti tekanan darah, gula darah atau kolesterol dapat disajikan dalam bentuk chart sehingga memudahkan tim medis dalam memantau perkembangan pasien.

Data dan permintaan layanan juga terintegrasi dan ter-update secara real-time dengan dukungan real-time location system technology. Dokter pun dapat memberikan diagnosa yang langsung tercatat di e-medical records sehingga jika diperlukan, tim medis yang melayani pasien dapat langsung membacanya dari sistem. Pemberian resep juga dilakukan secara elektronik yang langsung dapat dibaca oleh petugas farmasi sehingga pasien tidak perlu menunjukkan resep saat mengambil obat. Risiko kesalahan membaca resep dapat diminimalisir karena semua resep terbaca di layar komputer.

“Dengan sistem digital, beberapa standar internasional untuk keamanan pasien juga dapat diterapkan dengan optimal. Sistem digital bisa memberikan peringatan (alert) untuk obat-obatan yang berbahaya atau yang berkaitan dengan alergi obat yang pernah dialami pasien sebelumnya. Hal-hal yang penting harus diperiksa atau dilakukan akan diingatkan dengan mandatory fields (kolom yang wajib diisi),” tambah Dr. Yanwar.

Ditambah dengan mobile point-care-of devices, RSPI-Pondok Indah melengkapi pelayanan rawat inap dengan computers on wheel dan mobile clinical seperti tablet PC yang memungkinkan. para dokter dan perawat untuk segera memasukkan data medis atau diagnosa pasien dalam sistem.

“Dengan teknologi digital, kami berharap kualitas dan keamanan pelayanan medis bisa ditingkatkan dari waktu ke waktu sehingga masyarakat dapat memilih pengobatan terbaik di rumah sakit dalam negeri tanpa perlu sampai ke luar negeri,” harap Dr. Yanwar.

Related posts