8 Fitur Baru di iOS 8

Sistem operasi memang menjadi suatu hal yang sangat penting untuk perangkat gadget kita, terutama perangkat smartphone dan tab kita. Untuk Kita pengguna perangkat iOS, Apple secara resmi kini telah mengumukan iOS versi terbarunya iOS 8. Dalam waktu dekat, pengguna akan bisa menikmati beragam fitur baru yang ditawarkan oleh iOS terbaru ini. Berikut 8 fitur baru yang akan ada di iOS 8.

Interactive Notifications

iOS 8 akan semakin mempermudah pengguna dengan meningkatkan fitur notifikasi. Kini notifikasi di iOS 8 lebih interaktif. Artinya pengguna akan dapat langsung membalas pesan lewat notifikasi, tanpa harus membuka aplikasi pesan. Tidak hanya membalas pesan, fitur ini juga dapat terhubung dengan aplikasi lain seperti Facebook misalnya.

Jadi ketika ada notifikasi yang muncul dari aplikasi Facebook Kitabisa langsung menjawab pesan atau sekedar melakukan Like secara langsung.Untuk pengguna MacBook dengan Mac OS X Yosemite, Kita kini juga bisa menjawab panggilan, melakukan panggilan hingga membalas pesan di laptop jika iPhone Kitadalam kondisi terhubung ke MacBook.

Quick Contacts Access

Di iOS 7, menekan tombol Home 2 kali akan membawa Kita ke tampilan multitasking yang juga bisa digunakan untuk mengakses aplikasi yang sudah dijalankan. Nah, kini dengan cara yang sama, Kitatidak hanya bisa melakukan multitasking tapi juga bisa mengakses kontak yang paling sering dipanggil.

Spotlight

Sama seperti versi desktop, Spotlight di iOS 8 kini juga menampilkan informasi pencarian dari tautan internet, Maps hingga iTunes. Jadi tidak terbatas melakukan pencarian data yang ada di sistem folder saja.

QuickType Keyboard

Keyboard legendaris iOS memang sudah cukup nyaman digunakan dan termasuk salah satu keyboard virtual terbaik di perangkat layar sentuh. Kini dengan fitur QuickType, keyboard virtual tersebutkini dapat menampilkan pilihan kata yang disarankan secara otomatis. Kemudian Kitaakan dapat memilih kata yang diinginkan. Adapun pilihan kata yang disarankan akan bervariasi secara kontekstual dan subyektif, berdasarkan dengan siapa Kitaberbalas pesan dan aplikasi pesan apa yang sedang digunakan.

Messages

Fitur Messages pada iOS 8 juga turut mendapatkan pembaruan. Dengan sekali menekan tombol, Kitakini bisa langsung mengirim pesan audio atau video, mengirim foto atau video dalam jumlah banyak, berbagi lokasi hingga memulai dan mengelola grup chat seperti di BBM atau WhatsApp.

HealthKit

Aplikasi ini akan membantu Kitamengumpulkan data kebugaran dan kegiatan olahraga Kitadari perangkatwearableyang terhubung ke perangkat iOS. Fitur ini hanya akan berfungsi jika perangkat wearable Kitasudah mendukung aplikasi Healthkit salah satunya yaitu Nike+. Tentunya tidak mengherankan jika Apple tiba-tiba mengeluarkan perangkat wearable untuk iPhone mengingat fungsionalitas tersebut sudah dipersiapkan di iOS 8.

Photos dan

Untuk Kita yang memiliki iPad, iPhone dan Mac, kini seluruh hasil foto, foto yang disunting, dan album foto bisa disinkronkan ke seluruh perangkat Kitasecara otomatis. Selain itu, foto-foto Kitajuga bisa tersimpan di layanan iCloud. Nah, dengan fitur Continuity, Kitadapat mengakses dan melanjutkan pekerjaan yanga da di dokumen di seluruh perangkat yang Kitamiliki. Ini tentunya selaras dengan fitur serupa yangada di OS X Yosemite yang baru.

Family Sharing

Jika seluruh keluarga Kita menggunakan perangkat iOS, fitur ini pun sangat menarik untuk disimak. Dengan fitur ini, seluruh perangkat iOS anggota keluarga Kita bisa terhubung ke satu akun kredit. Jadi, fitur ini mampu membatasi pembelian aplikasi yang dilakukan oleh anggota keluarga lain karena persetujuan pembelian harus didapatkan terlebih dahulu dari pemegang akun kartu kredit tersebut. Selain itu, Family Sharing juga memungkinkan Kita untuk berbagi aplikasi, musik, film, buku dan lainnya yang telah dibeli di App Store dengan sesama anggota keluarga yang lain. Update iOS 8 sndiri dikabarkan akan tersedia gratis pada bulan September 2014.

Related posts