Tingkatkan Kualitas Hidup Lansia - Polident Lanjutkan Kerjasama dengan Bank BTPN dan PDGI

Edukasi pentingnya penggunaan gigi tiruan yang terawat menjadi salah satu alternatif solusi dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut para lansia untuk hidup lebih berkualitas di usia senja

NERACA

Masih dalam semangat perayaan Hari Lansia Nasional yang jatuh setiap tanggal 29 Mei, GlaxoSmithKline (GSK) melalui merek rangkaian produk perawatan gigi tiruan Polident melanjutkan kerjasamanya dengan Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) dan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) untuk meningkatkan kualitas hidup para lansia.

Kerjasama ini terjalin dalam bentuk serangkaian kegiatan edukasi pentingnya penggunaan gigi tiruan yang terawat sebagai salah satu alternatif solusi dalam menjaga kesehatan gigi dan mulut untuk meningkatkan kualitas hidup para lansia

Lody Lukmanto selaku Marketing Manager GSK Oral Health Care mengemukakan, kerjasama berkelanjutan antara Polident dengan Bank BTPN dan PDGI ini berdasarkan pada persamaan persepsi kami bahwa usia lanjut bukanlah alasan untuk berhenti menjadi produktif.

“Kami memberikan apresiasi tertinggi untuk para lansia yang tak henti memberikan kontribusinya kepada keluarga dan lingkungan sekitarnya. Mereka memiliki hak istimewa untuk menikmati kehidupan yang berkualitas, termasuk melalui kesehatan gigi dan mulut yang prima,” kata dia

Sementara itu, drg. Farichah Hanum, MKes selaku Ketua Umum PB PDGI menjelaskan, gangguan kesehatan gigi dan mulut menjadi salah satu masalah yang berimplikasi negatif terhadap kesehatan secara keseluruhan sehingga pada akhirnya mempengaruhi kualitas hidup para lansia. Salah satunya kondisi gigi hilang atau edentulisme yang umum ditemui pada kaum lansia. Namun sayangnya, kurangnya pengetahuan akan pentingnya penggunaan gigi tiruan membuat banyak lansia segan menggunakan gigi tiruan.

“Padahal, gigi tiruan mampu mengembalikan fungsi dan estetika gigi asli yang telah hilang. Maka, gigi tiruan menjadi salahsatu solusi efektif dalam mengatasi gangguan kesehatan gigi dan mulut di usia lanjut. Penggunaan gigi tiruan dapat membantu menjamin kondisi kesehatan gusi dan rahang mulut sehingga tidak menimbulkan efek negatif lebih luas,” papar dia

Ternyata, selain masih rendahnya kesadaran masyarakat dan khususnya para lansia mengenai pentingnya penggunaan gigi tiruan, belum banyak pula pengguna gigi tiruan yang menyadari bahwa perawatan gigi tiruan pun sangat penting agar kesehatan gigi dan mulut terus terjaga. Sebuah data menunjukkan bahwa dari 25 juta pemakai gigi tiruan di Indonesia , hanya 6% dari mereka yang menggunakan produk perawatan gigi tiruan karena masih kurangnya edukasi mengenai manfaat dari perawatan khusus untuk gigi tiruan.

Fakta inilah yang membuat Polident melanjutkan kerjasama dengan Bank BTPN dan PDGI untuk melakukan edukasi secara berkesinambungan dan langsung kepada para lansia.

Lody melanjutkan, para lansia perlu menyadari pentingnya menggunakan gigi tiruan untuk menunjang kemampuan berbicara dan makan. Namun, menggunakan gigi tiruan memiliki beberapa kendala yang harus diperhatikan demimerasakan kebersihan dan kenyamanan maksimal dalam menggunakannya.

“Terlebih lagi, secara emosional gigi tiruan yang bersih dan nyaman dapat meningkatkan rasa percaya diri dalam bersosialisasi,” ujar dia

Sejak tahun 2013, Polident telah menjalin kerjasama dengan PDGI dan Bank BTPN untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat berusia lanjut. Bersama dengan PDGI, Polident memberikan rangkaian seminar dan edukasi yang lebih rinci mengenai gigi tiruan sebagai solusi meningkatkan kualitas hidup lansia kepada para dokter gigi anggota PDGI.

Diharapkan setelahnya mereka dapat lebih proaktif dalam menggaungkan edukasi mengenai penggunaan dan perawatan gigi tiruan ini kepada pasien lansia yang mereka temui. Sedangkan dengan Bank BTPN, sejak akhir tahun 2013 lalu, di setiap awal bulan Polident hadir di kantor-kantor cabang Bank BTPN berbagai penjuru Indonesia untukmemberikan pemeriksaan gigi gratis dan edukasi mengenai cara perawatan gigidan mulut yang tepat kepada para nasabah pensiunan Bank BTPN

David Freddynanto selaku Daya Head BTPN menjelaskan, BTPN dan Polident memiliki kepedulian yang sama, yakni ingin membuat para lansia hidup lebih berbahagia di usia senja. Melalui roadshow yang telah dan akan kami lakukan di berbagai kota di Indonesia, kami percaya upaya sosialisasi dan edukasi ini dapat tersebar dengan lebih merata dan tepat sasaran, agar semakin banyak lansia yang menikmati hidup lebih berkualitas di usia senja.

”Hingga saat ini, Polident bersama Bank BTPN telah memeriksa kesehatan gigi dan mulut ribuan lansia nasabah Bank BTPN di kota Jakarta dan Surabaya, sekaligus memberikan edukasi mengenai pentingnya penggunaan gigi tiruan untuk hidup yang lebih berkualitas. Dalam waktu dekat, dengan diskusi dan masukan dari PDGI, kami akan melakukan kegiatan yang sama di dua kota selanjutnya sebagai kelanjutan upaya edukasi ini,” terang David.

Related posts