Infak via Kasir Dompet Dhuafa-Hypermart

NERACA

Sejak bergulir tahun 2006, program “Infak via Kasir” kerja sama Dompet Dhuafa dengan Hypermart (PT. Matahari Putra Prima, Tbk) memudahkan masyarakat dalam beramal sambil belanja.

Pelanggan Hypermart dapat mendonasikan sisa kembalian belanja, pembulatan kembalian, atau bahkan infak melebihi kembalian dari belanja. Dana yang terkumpul dari donasi masyarakat telah terbukti memberikan kontribusi untuk bangsa.

“Tahun lalu (2013) dana yang terkumpul sebesar Rp 1.766.137.618. Dana tersebut dialokasikan untuk program pendidikan yang Dompet Dhuafa gulirkan,” ungkap Presiden Direktur Dompet Dhuafa Ahmad Juwaini saat peluncuran program Infak via Kasir 2014 di Cilandak Town Square, Jakarta belum lama ini.

Lebih lanjut Ahmad menjelaskan, program pendidikan yang dimaksud adalah program Sekolah Guru Indonesi (SGI). SGI merupakan wujud komitmen Dompet Dhuafa dalam program pemberdayaan dan peningkatkan kualitas guru. Mereka dibina secara intensif selama enam bulan oleh para narasumber dan praktisi di bidangnya.

“Kemudian mereka ditempatkan selama setahun. Sejak digulirkan pada 2009, total 188 guru telah dikirimkan ke 121 wilayah di 31 kabupaten daerah tertinggal, terluar, dan terdepan seluruh Indonesia,” papar Ahmad.

Dana Infak via Kasir juga digulirkan untuk program SMART Ekselensia Indonesia (SMART). SMART merupakan sekolah bebas biaya, unggulan, berasrama, dan akselerasi pertama di Indonesia. Sejak mulai berdiri di tahun 2004 hingga tahun ajaran 2013, SMART telah menjaring sebanyak 370 siswa penerima manfaat yang berasal dari 26 provinsi di Indonesia.

Selain pendidikan, dana juga dialokasikan untuk program pemberdayaan ekonomi dan kesehatan. Di program pemberdayaan ekonomi seperti Pasar Berseri di Magelang untuk korban Gunung Merapi. Di program kesehatan, dialokasikan perahu siap siaga (perahu karet) dan ambulan untuk Layanan Kesehatan Cuma-Cuma (LKC) di Papua.

Direktur Public Relations Hypermart Danny Konjongian menuturkan dalam memilih partner untuk menjalan program sosialnya, Hypermart sangat hati-hati karena ini terkait dengan pengumpulan dan penyaluran dana infaq dari masyarakat.

“Oleh karennya kami bekerja sama dengan Dompet Dhuafa dalam program ini lantaran Dompet Dhuafa memiliki komitmen, kerja sama dan akuntabilitas yang baik dalam menjalankan program-programnya dan dapat dipertanggungjawabkan,” ujar Danny.

Danny berharap, program ini dapat terus berlanjut di masa mendatang untuk mendukung Dompet Dhuafa menjalankan program-programnya sehingga semakin banyak kaum dhuafa yang terbantu. Program Infak via Kasir Dompet Dhuafa-Hypermart 2014 ini akan berlangsung hingga 14 Agustus 2014. Para pelanggan akan mendapat kemudahan dalam beramal di seluruh Hypermat di Indonesia.

BERITA TERKAIT

DISARANKAN DIVESTASI SAHAM 10% VIA CICILAN DIVIDEN - BPK: Freeport Langgar Izin Kawasan Hutan

Jakarta-Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) mengungkapkan, terdapat penggunaan kawasan hutan lindung seluas 4.535,93 ha diketahui tanpa izin pinjam pakai kawasan hutan…

Intervensi Pemerintah atas Harga CPO via Implementasi B20

Oleh: Piten J Sitorus, Mahasiswa D3 Alih Program PKN STAN Pada tahun 2017 Indonesia memproduksi sebesar 38,17 juta ton Crude Palm…

NU Care-LAZISNU Ajak Yatim dan Dhuafa Belanja di Matahari

Jakarta, Sinergi program NU Care-LAZISNU dengan PT Matahari Department Store Tbk melalui donasi uang kembalian belanja diimplementasikan dalam kegiatan Maulid…

BERITA LAINNYA DI CSR

Bersama Pemerintah Kota Tangerang Selatan - Indah Kiat Salurkan Bantuan Korban Tsunami Selat Sunda

Masih dalam rangka peduli kemanusiaan terhadap korban musibah tsunami di Selat Sunda akhir tahun 2018 kemarin, industri Asia Pulp &…

Peringati Hari Sejuta Pohon Sedunia - Sharp Mengajak Siswa di Jember Peduli Lingkungan

Menanamkan budaya tanggung jawab dan peduli pada lingkungan sejak dini merupakan cara yang tepat agar hal tersebut menjadi kebiasaan positif…

Ciptakan Lingkungan Bersih - Allianz Beri Pelatihan Bank Sampah Gusling

Persoalan pengelolaan sampah masih menjadi masalah yang belum tertangani secara optimal, bahkan sebagian belum tertangani dengan baik. Alhasil, memberikan dampak…