Perhatikan Hal Ini Kala Merintis Usaha!

Saat ini banyak orang yang bercita-cita menjadi pengusaha tetapi kesulitan untuk mewujudkannya. Nah, agar cita-cita tersebut bisa diwujudkan, ada beberapa kiat yang bisa diterapkan kala merintis usaha agar terhindar dari kegagalan.

Pertama adalah, menentukan konsumen. Ya, sebelum memikirkan banyak hal, pastikan Anda sudah menentukan pangsa pasar terlebih dulu. Menentukan pangsa pasar akan memudahkan Anda untuk menentukan kualitas dan jenis produk usaha. Produk yang dijual untuk konsumen kelas atas akan berbeda dengan konsumen kelas bawah.

Kedua, mempunyai merek usaha. Untuk hal yang satu ini, ciptakan merek usaha atau nama dagang yang mudah diingat dan menarik pelanggan. Jangan pilih nama yang terlalu sulit karena tidak akan mengesankan pelanggan. Nama yang sulit menyebabkan promosi dari mulut ke mulut juga sulit dijalankan.

Ketiga, melakukan promosi yang tepat. Gunakan strategi promosi yang tepat di awal usaha untuk memperkenalkan dan menarik konsumen agar tertarik mencoba produk Anda. Misalnya dengan membuat brosur, spanduk, atau memberikan diskon.

Keempat, hitunglah semua biaya dengan teliti. Ketika merinci modal usaha, hitunglah dengan teliti sampai biaya yang paling kecil. Hal ini berguna untuk mempermudah Anda menghitung semua kebutuhan agar tak kekurang modal.

Terakhir, adalah menabung laba. Sekecil apapun laba usaha yang didapatkan dari hasil penjualan Anda, sebaiknya ditabung. Selanjutnya, gunakan laba untuk memperbesar usaha. Dan jangan pernah mencampur keuangan usaha dengan keuangan pribadi.

Related posts