Agar Sukses, Kenali Bisnis Anda Dahulu

Saat memutuskan untuk berinvestasi di sebuah sektor bisnis, memiliki modal serta mengenal jenis-jenis investasi tidaklah cukup membuat Anda sukses. Karena selain hal itu, masih ada hal lain yang justru lebih penting. Yakni mengenal risiko dari bisnis yang akan Anda garap.

Ya, mengenal risiko dari setiap jenis investasi bisnis adalah hal terpenting agar terhindar dari kebangkrutan. Dengan kata lain, segala kemungkinan terburuk sudah disiapkan jalan keluarnya. Sehingga kemungkinan gagal dapat diminimalisir.

Setiap orang memiliki tujuan keuangan masa depan, baik di sektor bisnis atau sektor lainnya. Dimana kesemua itu memerlukan perencanaan kebijakan investasi yang menguntungkan dan berkesinambungan.

Dengan demikian, pencapaian tujuan keuangan dalam jangka waktu tertentu baik jangka pendek maupun jangka panjang serta besarnya dana yang dapat disisihkan, atau besarnya tingkat imbal hasil yang diharapkan.

Imbal hasil yang Anda harapkan akan selalu terkait langsung dengan tingkat risiko yang harus ditanggung. Anda juga harus mempertimbangkan toleransi Anda terhadap risiko. Apabila faktor tersebut diabaikan, maka perencanaan serta pelaksanaannya dapat membuat hidup Anda menjadi tidak tenang akibat risiko yang tidak sesuai dengan toleransi Anda tersebut.

Ketika berinvestasi, menetapkan jangka waktu untuk mencapai tujuan keuangan yang Anda miliki merupakan faktor penting untuk menentukan jenis investasi yang sesuai. Jenis investasi yang tepat untuk tujuan jangka panjang biasanya kurang sesuai dengan untuk tujuan jangka pendek, demikian juga sebaliknya.

Sebelum berinvestasi pada satu instrumen investasi, Anda perlu mempelajari dan memahami biaya transaksi termasuk pajak yang perlu Anda bayar. Perhitungan imbal hasil untuk mencapai tujuan yang ingin dicapai adalah berdasarkan imbal hasil bersih setelah dikurangi biaya dan pajak.

Selain itu, Anda perlu terlebih dahulu mengenal profil investasi Anda. Hal ini merupakan syarat utama dalam menentukan jenis investasi yang menguntungkan dan sesuai untuk Anda. Para pakar mengibaratkan, berinvestasi ibarat dua sisi mata uang yang tak pernah terpisahkan, yakni ada untung ada juga rugi.

Istilah high risk, high return mungkin telah sering kita dengar, dimana artinya adalah bahwa hasil yang besar juga memiliki risiko yang besar. Namun dengan memahami jenis-jenis risiko dan melakukan pengelolaan risiko yang baik dan benar, Anda dapat mengoptimalkan keuntungan investasi di sektor bisnis yang Anda pilih, dan tentu saja menekan risiko serendah-rendahnya.

BERITA TERKAIT

Dorong Bisnis Lebih Agresif - Bukalapak Raih Kucuran Dana dari Mirae Asset

NERACA Jakarta –Pesatnya pertumbuhan bisnis e-commerce Bukalapak, mendorong beberapa perusahaan besar lainnya untuk ikut serta memberikan suntikan modal. Apalagi, Bukalapak…

Tunjang Bisnis Tangki Terminal - AKR Corporindo Pertebal Modal Anak Usaha

NERACA Jakarta – Dukung pengembangan bisnis anak usaha, PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) melakukan peningkatan modal pada entitas anak perseroan…

Berburu Cuan Bisnis Perhiasan - Hartadinata Perluas Penetrasi Pasar Luar Jawa

NERACA Jakarta –Kejar pertumbuhan bisnis lebih agresif lagi, PT Hartadinata Abadi Tbk (HRTA) masih mengandalkan penambahan gerai baru. Perusahaan tahun…

BERITA LAINNYA DI PELUANG USAHA

Pertemuan IMF –WB Momentun Perkenalkan Produk UMKM Nasional Dikancah International

Pertemuan tahunan IMF – World Bank (WB)  yang berlangsung di Nusa Bali harus bisa menjadi momentum memperkenalkan produk  usaha mikro,…

Sruput Dinginnya Usaha Minuman Bubble

Meski tidak seheboh dulu minuman bubble . Tapi usaha ini masih menyimpan potensi. Pemain baru usaha ini juga masih muncul…

Jajaki Gurihnya Usaha Jajan Martabak

Jajanan Martabak merupakan salah satu kudapan yang sangat familiar di lidah masyarakat Indonesia. Disajikan dengan berbagai varian rasa, martabak tak…