Program Pemerintah Australia Datangkan Pelajar Indonesia - New Colombo Plan

Pemerintah Australia menggulirkan program New Colombo Plan yaitu kesempatan bagi mahasiswa S1 mereka belajar di sejumlah negara tetangga.Program tersebut akan memberi manfaat semakin eratnya hubungan Australia dan Indonesia.

Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop mengatakan, Colombo Plan awalnya adalah suatu program pada dasawarsa 1950-an dan 1960-an. Ketika itu, para pemuda dari negara-negara yang berdekatan dengan Australia didatangkan untuk belajar ke Negeri Kangguru itu. Selama 30 tahun ada sekitar 40 ribu pemuda asing yang belajar di perguruan tinggi Australia lewat Colombo Plan.

"Sekarang kebalikannya, New Colombo Plan adalah mengirim warga Australia belajar ke negara-negara tersebut," kata dia

Pada tahun ini dia perkirakan akan ada 1.300 mahasiswa Australia yang dikirim pemerintah mereka untuk belajar di Singapura, Indonesia, Jepang, Hong Kong. Program tersebut terdiri dari kursus pendek, mobile course (1-2 semester) maupun scholarship.

"Sebanyak 40% peserta ternyata memilih Indonesia. Mereka tinggal, belajar, bekerja di Indonesia. Selanjutnya mereka akan pulang ke Australia dan memiliki ide serta perspektif baru mengenai Indonesia. Kami senang karena proyek percontohan New Colombo Plan di Indonesia sukses. Menlu Marty Natalegawa bahkan menawarkan para mahasiswa S1 untuk magang di Kementerian Luar Negeri Indonesia Tahun depan akan kami kembangkan program tersebut ke China, India, Malaysia, dan lain-lain," kata dia

Related posts