Pinguin Afrika Penghuni Baru Kebun Binatang Gembira Loka

Kebun binatang Gembira Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta kini memiliki 6 ekor Pinguin Jackass, terdiri dari 3 jantan dan 3 betina. Hewan endemik dari Afrika Selatan tersebut didatangkan berkat kerjasama dengan pihakSouth East Asian Zoos Association.

Pinguin Jackass mampu bertahan hidup dalam suhu 12-20 derajat celcius. Karena terbiasa tinggal di iklim subtropis, hewan ini harus melewati proses adaptasi terlebih dahulu di GL Zoo selama dua minggu, terhitung 6-18 Mei. Pada 19 Mei 2014, barulah pinguin-pinguin ini bisa dilihat oleh pengunjung.

Josep Sudandiran, manager Marketing dan Pengembangan GL Zoo mengatakan, pihaknya mengirim pawang khusus dari Singapore Zoo untuk memberikan bekal kepada para staf GL Zoo.

"Tugasnya adalah membantu mengkondisikan pinguin dalam adaptasi serta turut memberikan pelatihan lanjutan padakeeperdi GL Zoo," ujar Josep.

Pinguin butuh perlakuan dan perawatan khusus, makanan yang diberikan pun tak sembarangan. Bersamaan dengan pendatangan pinguin, GL Zoo juga menyediakan makanan pinguin sebanyak 1 ton untuk persediaan 6 bulan. Makanan tersebut berupa ikan haring, macarel, serta smelt yang hanya terdapat di perairan Amerika.

Dari sisi infrastruktur, kandang pinguin dirancang sedemikian rupa mengikuti habitat asli di wilayah bersalju. Kandang dilengkapi dengan pendingin udara, filter air khusus, pompa air khusus dan pengecekan PH air secara rutin.

Kebun Binatang GL Zoo merupakan tempat hiburan yang dibangun atas keinginan Sri Sultan Hamengku Buwono VIII pada 1933. Letaknya di daerah aliran sungai Gajah Won dan mudah diakses oleh kendaraan maupun angkutan kota.

Selain orangutan, gajah asia, simpanse dan harimau, GL Zoo juga memilikibird parkyang diklaim sebagai wahana terlengkap di kebun binatang tersebut. Sekira 60 jenis burung termasuk elang, pelikan, dan cendrawasih menghuni wahana ini.

Related posts