Wika Realty Resmikan Puspamaya Hotel - Sektor Properti

NERACA

Tangerang– Puspamaya Hotel siap menerima tamu. Peresmian hotel yang dibangun PT Wika Realty, anak usaha PT Wijaya Karya (Persero) Tbk., dilakukan sabtu, 6 juni 2014. Puspamaya Hotel berada di dalam kawasan Tamansari Skylounge yang terletak di pusat bisnis Kota Tangerang, tepatnya di Jl Marsekal Surya Dharma No.1, Batuceper, Kota Tangerang, hanya berjarak 800 meter dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Tamansari Skylounge merupakan kerjasama antara PT Wika Realty selaku Developer dan Jimmy Tampubolon selaku pemilik tanah. Di Tamansari Skylounge tersebut, PT Wika Realty mengembangkan produk berupa apartemen dan kondotel, dimana kondotel inilah yang saat ini dioperasikan dengan nama Puspamaya Hotel dan merupakan hotel pertama yang dimiliki oleh PT Wika Realty. Investasi untuk membangun Puspamaya Hotel sebesar Rp76 miliar.

“Kami melihat potensi bisnis hotel dekat Bandara Internasional Soekarno-Hatta sangat besar seiring semakin bertumbuhnya aktivitas Bandara Internasional Soekarno-Hatta, sehingga kami memutuskan membangun Puspamaya Hotel,” ujar Budi Saddewa Soediro, Direktur Utama PT Wika Realty. Tahun lalu Bandara Internasional Soekarno-Hatta tercatat melayani 62,1 juta penumpang dan tahun ini ditargetkan meningkat menjadi 64 juta penumpang. Bahkan, Bandara Internasional Soekarno-Hatta tercatat sebagai bandara tersibuk kedelapan di dunia pada 2013 berdasarkan rilis Airport World yang merupakan media resmi dari Airport Council International.

Selain itu, tambah Budi, dibangunnya Puspamaya Hotel juga karena PT Wika Realty ingin memperluas bidang usaha dan ingin meningkatkan porsi pendapatan berkelanjutan (recurring income). “Tahun ini kami berharap recurring income bisa menyumbang 10% dari total pendapatan. Proyek yang bisa menghasilkan recurring income di tahun 2014 selain Puspamaya Hotel adalah area komersial Tamansari Hive di Cawang Jakarta Timur. Selain di perhotelan, perusahaan juga akan masuk pada bisnis perkantoran/office dan property retail,” kata Budi seraya mengatakan sampai tahun 2017, PT Wika Realty menargetkan memiliki 7 hotel.

Puspamaya Hotel dibangun di atas lahan seluas 6.990 m2 dan memiliki luas bangunan 5.648 m2. Jumlah kamarnya 165 unit yang terdiri atas tiga tipe yakni Junior Suite (5 kamar), Deluxe (40 kamar) dan Superior (120 kamar). Puspamaya Hotel akan dioperasikan oleh Prasanthi Hotels & Resorts sebagai hotel bintang 3 dengan tarif kamar per malam berkisar mulai dari Rp499 ribu. Fasilitas yang disediakan antara lain Restaurant, Meeting Room, Wifi, dan Swimming Pool.

Budi mengatakan, PT Wika Realty dan Prasanthi memiliki pandangan yang sama untuk mengembangkan potensi lokal terutama dalam bidang hospitality. Selain itu, Prasanti merupakan brand lokal untuk operator hotel yang di back up oleh personil yang telah berpengalaman dan kompeten di bidang perhotelan dan sebagian besar mempunyai pengalaman yang cukup lama di hotel-hotel berjaringan Internasional. “PT Wika Realty dan Prasanthi juga sepakat untuk bersama-sama membangun manajemen hotel oleh Wika Realty sendiri dalam beberapa tahun ke depan,” ujar Budi.

Sementara Jusuf Sawirin, President Director Prasanthi Hotels & Resorts mengatakan, “Puspamaya adalah hotel terdekat dengan Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang terletak di pusat bisnis kota Tangerang dengan mengutamakan kepuasan pelanggan. Prasanthi Hotels dan Resort menyediakan sentuhan pelayanan tradisi Indonesia dengan keramah tamahan dalam setiap pelayanan.”

Berbagai strategi, kata Jusuf, telah disiapkan Prasanthi Hotels dan Resort agar tingkat hunian Puspamaya Hotel tinggi. Antara lain melalui promosi penjualan online, harga yang kompetitif, kerjasama dengan maskapai penerbangan untuk menarik market sekitar airport, kerjasama dengan perusahaan nasional dan travel biro. Selain itu juga meningkatkan product service hotel dengan beragam promosi makanan minuman dan paket pertemuan atau rapat.

“Kami menargetkan tingkat hunian di tahun pertama rata-rata 55% karena 3 bulan pertama merupakan masa perkenalan. Untuk tahun depan, kami menargetkan rata-rata tingkat hunian sekitar 70% dan akan terus meningkat setiap tahunnya,” kata Jusuf seraya mengatakan Puspamaua Hotel merupakan hotel ke 5 yang dioperasikan Prasanthi Hotels dan Resort.

Selain membangun Puspamaya Hotel, PT Wika Realty juga membangun apartemen Tamansari Skylounge di lokasi yang sama. Selain itu, dibangun pula ruang retail sebanyak 12 unit. Saat ini, dari total 390 unit apartemen, sudah terjual 95%. “Apartemen Tamansari Skylounge sudah kami serah terimakan bertahap mulai akhir Maret 2014 lalu. Dan kami targetkan akan habis terjual semua pada September 2014,” ungkap Budi. Apartemen Tamansari Skylounge terdiri atas dua tipe, yakni tipe 1 bedroom seharga Rp405 juta dan tipe 2 bedroom seharga Rp877 juta.

Related posts