Danai Capex, BFI Terbitkan MTN Rp 130 Miliar

Perusahaan pembiayaan kendaraan, PT BFI Finance Indonesia Tbk (BFIN) menerbitkan surat utang dalam bentuk Medium Term Notes (MTN) dengan jumlah pokok seluruhnya sebesar Rp130 miliar. Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin.

Corporate Secretary PT BFI Finance Indonesia Tbk, Cornellius Henry mengatakan, pihaknya telah menunjuk PT Trimegah Securities arranger dan PT Bank Bukopin Tbk (BBKP) sebagai agen pemantau dan agen jaminan dari MTN dalam penerbitan surat utang ini. Adapun dana yang diperoleh dari hasil penawaran surat utang ini menurut Henry akan digunakan sebagai modal kerja kegiatan pembiayaan konsumen dan sewa pembiayaan.

Sebelumnya, perseroan telah menerbitkan Obligasi Berkelanjutan II BFI Finance Indonesia Tahap I Tahun 2014 sebesar Rp500 miliar terdiri atas tiga seri, yakni seri A dengan nominal Rp225 miliar bertenor 370 hari, seri B senilai Rp55 miliar dengan tenor dua tahun dan seri C senilai Rp220 miliar dengan jangka waktu tiga tahun.

Direktur BFI Finance Sudjono pernah bilang, penerbitan obligasi tersebut merupakan tahap II setelah perusahaan melakukan penawaran umum berkelanjutan obligasi Rp2,5 triliun. Dari jumlah tersebut, perusahaan telah menerbitkan Rp500 miliar pada awal tahun ini. Menurutnya, hasil dari penerbitan obligasi itu akan digunakan sebagai modal kerja pembiayaan. Porsi pendanaan dari obligasi di emiten berkode saham BFIN itu sektiar 27%, diikuti pendanaan dari pinjaman luar negeri 17%, channeling 30%-35%, dan pinjaman bank 22%. (bani)

Related posts