Gaya Hidup Serba Digital - The 11th Indonesia Cellular Show

Telepon seluler kini memang menjadi salah satu alat yang sangat memudahkan proses komunikasi manusia, murahnya teknologi kini membuat setiiap orang tidak bisa jauh dan tergantung kepada perangkat telepon seluler . Telepon seluler telah mengambil posisi penting bagi setiap orang di seluruh belahan dunia, bukan hanya sebagai alat komunikasi namun juga menjadi media untuk mendapatkan informasi, berkreasi, hingga bertransaksi.

Menurut International Data Corporation (IDC), sebuah lembaga periset pasar internasional, pertumbuhan penjualansmartphonetumbuh 12% dan tablet tumbuh 18% dibanding tahun 2013. Menurut laporan dari eMarketer, perusahaan peneliti pasar, pengguna telepon seluler di seluruh dunia akan mencapai 4,55 miliar tahun 2014 ini.Walaupun di satu sisi, penjualan PC diprediksi masih tetap berkutat di angka 6%.

Peningkatan pendapatan kelas menengah di Indonesia menjadi salah satu faktor semakin konsumtifnya masyarakat, termasuk untuk produk telekomunikasi yang paling mutakhir.Sepanjang sejarah perkembangan sektor telekomunikasi di Indonesia, terus terjadi pergeseran dan perubahan kebutuhan maupun selera masyarakat terhadap pilihan ponsel. Hal ini ditunjang pula oleh hargasmartphoneyang semakin terjangkau.

Sejalan dengan optimistis pemerintah Indonesia, Asosiasi penyelenggara Telekomunikasi Seluler Indonesia (ATSI) juga terus berupaya untuk memperkuat daya saing para pelaku industri ini di Indonesia. Alexander Rusli, Ketua Umum ATSI menjelaskan bahwa ATSI terus berkomitmen untuk memajukan telekomunikasi nasional. “Kami juga akan terus memperkuat kerjasama antara pelaku industri ini, baik regulator maupunoperator guna mewujudkan kualitas layanan yang semakin baik untuk masyarakat pengguna telekomunikasi. Hingga pada akhirnya juga memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia,” terang Alexander Rusli yang baru saja terpilih sebagai Ketua Umum ATSIuntuk periode 2014 – 2016 pada bulan Maret lalu.

Salah satu program yang diusung ATSI setiap tahun untuk mensosialisasikan perkembangan teknologi dan layanan telekomunikasi adalah melalui pelaksanaan pameranIndonesia Cellular Show(ICS), yang telah memasuki tahun kesebelas pelaksanaannya. ICS akan digelar selama lima hari pada 4 – 8 Juni 2014 di Cendrawasih Hall & Main Lobby Jakarta Convention Center. Dengan tema “Welcome to Digital Lifestyle” ICS 2014 akan menghadirkan kurang lebih 26 exhibitor, terdiri dari 4 operator seluler, 16 vendor seluler, serta 6 perusahaan pendukung dan aksesoris.

“Era digital saat ini memberikan peluang menjanjikan bagi tumbuhnya industri kreatif di Indonesia, oleh karena itudengan mengusung temaWelcome to Digital Lifestyle,event ini diharapkan dapat memberikan informasi yang berguna bagi masyarakat tentang perkembangan telekomunikasi di Indonesia, sehingga masyarakat juga menjadi konsumen yang cerdas,” terang Alexander Rusli.

ICS 2014 yang bertempat di lahan seluas7.500m2ini akan dimeriahkan pula dengan berbagai program pendukung unggulan sepertiOpening Ceremony, Workshops, Conference/Seminar, Temu Pelanggan Seluler (TPS) 2014, Miss ICS 2014,Best Stand Award ICS 2014, sertaIndonesia Cellular Award 2014yang merupakan penghargaan bagi para pelaku industri telekomunikasi di tanah air. Selain itu, ada pula Diskusi panel dengan tema “Penyalahgunaan Penguat Sinyal Seluler” yang merupakan program diskusi yang diselenggarakan oleh ATSI dalam rangka memberikan informasi megenai penggunaan penguat sinyal tidak resmi dari operator dapat menimbulkan interfensi pada jaringan telekomunikasi milik penyelenggara lain.

Bersamaan dengan pelaksanaan ICS, kembali digelar pula pameran Festival Komputer Indonesia (FKI). Dyandra Promosindo, selaku penyelenggara FKI melaksanakan pameran ini di tiga kota besar Indonesia, yaitu Jakarta dan Makassar (4 – 8 Juni 2014),dan Yogyakarta (7 – 11 Juni 2014).

FKI juga akan dimeriahkan oleh berbagai program unggulanantara lainDigital Creative Weekendyaitu sebuah program seminar dan workshop mengenai pengembangan aplikasi untuk pelajar dan mahasiswa,Mobile Photographyadalahmini workshoptentang seni fotografi dengan menggunakansmartphone, sertaFun Science for Kidsyang merupakan acara edukasi yang diperuntukkan kepada anak-anak megenai seputar teknologi saat ini. Selain itu, akan hadir seorang tamu istimewa yaitu Hugo Barra,Vice President Xiaomiyang juga mantan arsitek Google dalam salah satu acara talkshow di stage pameran.

Bambang Setiawan,Chief Operational OfficerDyandra Promosindo mengatakan bahwa dengan integrasi kedua pameran ini diharapkan memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mengetahui perkembangan teknologi, informasi, dan telekomunikasi secara terintegrasi dan menyeluruh.

Related posts