Kiriman Uang TKI Diprediksi Naik 25%

NERACA

Bandung - Kiriman uang dari Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Timur Tengah diprediksi naik signifikan pada Ramadan dan Lebaran tahun ini. Setiap tahunnya, kiriman uang TKI melalui PT Pos tercatat mencapai miliaran rupiah.

Manager Public Realtions PT Pos Indonesia (persero) Awan Rusniawan menjelaskan, jasa pengiriman uang PT Pos atau Western Union dari TKI biasanya meningkat pada Ramadan dan Lebaran. Kiriman uang terbesar, berasal dari TKI asal Timur Tengah, seperti Arab Saudi, Yaman, Mesir, dan lainnya.

Menurut dia, kiriman uang dari Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Timur Tengah sitiap tahunnya cukup tinggi. Trennya, terus meningkat setiap tahun. Pada tahun 2009, kiriman uang dari TKI Timur Tengah mencapai Rp100 miliar. Tahun 2010 naik menjadi Rp126 miliar, atau tumbuh 26% dari tahun sebelumnya.

“Tahun ini, kami menargetkan tumbuh 25% dari perolehan tahun lalu,” jelas dia.

Selain menargetkan peningkatan pengiriman uang dari TKI, PT Pos Indonesia (persero) berkomitmen melayani pengiriman barang sesui jadwal pada Idul Fitri 1432 Hijriah. Optimalisasi tersebut dilakukan dengan menggandeng sejumlah penyedia transportasi darat, laut, dan udara untuk distribusi ke seluruh Indonesia. Terutama layanan Pos seperti kartu lebaran, surat, paket barang, uang, dan lainnya.

“Kami akan mengoptimalkan semua armada Pos dengan menggandeng pihak terkait, seperti Ailines, pelayaran, angkutan sungai danau dan penyebrangan, Damri, dan lainnya,”jelas Awan.

Related posts