ASEAN Harus Persiapkan Kebijakan Regional

NERACA

Manado, Secara umum pertumbuhan ekonomi seluruh negara anggota ASEAN masih lebih baik ditengah ketidakpastian perekonomian global. "Kita semua negara anggota harus mempersiapkan kebijakan nasional, seperti kebijakan kerja sama regional," kata Wakil Presiden Boediono di Manado, Rabu,10/8

Menurut Wapres, saat ini terjadi ketidakpastian ekonomi di Amerika Serikat mengenai batas kredit dan juga di Eropa yang mengalami kesulitan ekonomi. Saat ini upaya yang dilakukan adalah bagaimana mengupayakan integrasi regional dan tantangannya adalah menjamin keseimbangan dan kelanjutan pertumbuhan diantara sesama anggota ASEAN.

ASEAN sendiri, katanyan sudah mampu mencapai prestasi yang mengagumkan dalam berbagai sektor, seperti perdagangan barang sebanyak 99 persen sudah alami penurunan tarif.

Mendag Mari mengatakan, para menteri ekonomi ASEAN akan melakukan pertemuan tahunan di Manado untuk membahas perkembangan kerja sama ekonomi intra-ASEAN.

Selain itu, pertemuan tersebut juga akan membahas kerja sama perhimpunan negara-negara kawasan Asia Tenggara itu dengan negara mitra dialognya. Masalah internal ASEAN yang akan dibahas dalam pertemuan itu meliputi upaya pencapaian Masyarakat Ekonomi ASEAN (ASEAN Economic Community/AEC) sesuai dengan target waktu yang ditetapkan yakni 2015.

Para menteri akan mengecek capaian pelaksanaan" cetak biru" AEC dalam perdagangan barang maupun jasa, juga dalam mewujudkan keterhubungan.

Dalam pertemuan yang untuk pertama kali melibatkan Amerika Serikat dan Rusia sebagai mitra dialog itu, para menteri ekonomi ASEAN akan melengkapi pembahasan bidang perdagangan barang serta upaya peningkatan investasi intra-ASEAN.

Pembahasan tentang investasi ini penting karena ASEAN merupakan satu dari tiga sumber utama investasi selain Uni Eropa dan Jepang. Para menteri ekonomi ASEAN akan membahas rencana lebih lanjut setelah Masyarakat Ekonomi ASEAN terwujud serta peran ASEAN di kawasan Asia Timur.

Indonesia sebagai tuan rumah pertemuan ASEAN 2011 akan mengangkat tema tentang pembangunan ekonomi ASEAN yang inklusif dan merata pada pertemuan itu serta menyampaikan kerangka kerja terkait agenda pemerataan pembangunan yang dimaksud.

Selain diikuti menteri ekonomi pada negara anggota ASEAN atau perwakilannya, pertemuan para menteri ekonomi ASEAN di Manado akan dihadiri perwakilan dari negara mitra dialog ASEAN seperti Australia, India, Korea Selatan, China, Selandia Baru, Amerika Serikat dan Rusia. **cahyo

BERITA TERKAIT

Agenda Mewujudkan Keadilan Ekologis Harus Terus Dijalankan

Agenda Mewujudkan Keadilan Ekologis Harus Terus Dijalankan WALHI beserta seluruh elemen rakyat deklarasikan Platform Politik Lingkungan Hidup Indonesia NERACA Jakarta…

Akademisi: Penegak Hukum Harus Tegas Terhadap Korupsi

Akademisi: Penegak Hukum Harus Tegas Terhadap Korupsi NERACA Medan - Unsur penegak hukum seperti Kejaksaan, Kepolisian dan Komisi Pemberantasan Korupsi…

Integrasi Ekonomi Jadi Penantian Lama ASEAN

Oleh: Roy Rosa Bachtiar Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang telah diluncurkan pada 31 Desember 2015 sebagai tipe baru integrasi ekonomi…

BERITA LAINNYA DI BERITA EKONOMI

Menkeu Harap Swasta Makin Banyak Terlibat di Infrastruktur

      NERACA   Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani berharap makin banyak pihak swasta yang terlibat dalam pembangunan…

Menggenjot Skema KPBU di Sektor Pariwisata

    NERACA   Jakarta - Sektor pariwisata menjadi salah satu sektor yang tumbuh secara masif di tahun ini. Bahkan,…

BPJS Ketenagakerjaan Siapkan Layanan Digital

      NERACA   Jakarta - Era digital menuntut semua pihak untuk dapat memenuhi tuntutan pelanggan dengan mudah dan…