Astra Ajak Masyarakat Indonesia Aman Berlalu Lintas

Dilatarbelakangi oleh tingginya angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas, Astra mengajak masyarakat bersama-sama menurunkan angka kecelakaan lalu lintas dengan cara menjalankan budaya aman berlalu lintas melalui program “Indonesia, Ayo Aman Berlalu Lintas”

NERACA

Belum lama ini, tepatnya 15 April 2014 lalu PT Astra International Tbk bersama grup usahanya melaksanakan kick off program “Indonesia, Ayo Aman Berlalu Lintas” di gedung pusat Astra. Kegiatan ini merupakan salah satu wujud komitmen Astra untuk terus mengajak masyarakat membudayakan keselamatan berkendara di jalan raya. 

“Indonesia, Ayo Aman Berlalu Lintas” merupakan program yang digagas Astra untuk mengajak masyarakat bersama-sama menurunkan angka kecelakaan lalu lintas dengan cara menjalankan budaya aman berlalu lintas. Penggagasan program ini dilatarbelakangi oleh tingginya angka kematian akibat kecelakaan lalu lintas. Data Korps Lalu Lintas (Korlantas) Kepolisian Negara Republik Indonesia tahun 2012 menyebutkan, sebanyak tiga orang meninggal dunia per jam di Indonesia, dan 80% faktor penyebab utamanya adalah karena kelalaian manusia.

Sudah sejak lama Grup Astra aktif mengajak masyarakat untuk membudayakan keselamatan dalam berlalu lintas melalui berbagai kegiatan. Hal tersebut didorong oleh faktor banyaknya jumlah kecelakaan lalu lintas yang terjadi di Indonesia,” kata Chief of Corporate Communications, Security, Environment and Social Responsibility PT Astra International Tbk., Pongki Pamungkas

Di acara ini, seluruh tamu undangan diajak untuk menandatangani papan komitmen sebagai bentuk dukungan terhadap ajakan untuk aman berlalu lintas. Selain itu para tamu undangan juga bisa merasakan simulator safety riding dan safety driving serta menunjukkan ekspresi aman berlalu lintas dengan berfoto di photo booth edutainment corner.

“Sejak dicanangkannya Gerakan Nasional Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas pada 26 Januari lalu oleh Presiden RI, baru pertama kali ini saya hadir di acara serupa yang diadakan oleh perusahaan,” ujar Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia Inspektur Jenderal Polisi Drs. Pudji Hartanto MM sembari menambahkan bahwa acara yang diselenggarakan Astra ini merupakan sebuah momen pelopor bagi perusahaan dan komunitas, karena kegiatan ini bukan seremonial belaka.

Dalam acara Kick Off “Indonesia, Ayo Aman Berlalu Lintas” ini, Kakorlantas Polri juga mengajak hadirin untuk menjadi Pelopor Keselamatan Berlalu Lintas, ditandai dengan menyerukan yel keselamatan berlalu lintas bersama-sama.

Ada tiga program yang dilaksanakan dalam “Indonesia, Ayo Aman Berlalu Lintas”. Pertama, Panduan Keselamatan Berlalu Lintas bagi Pelanggan (Safety Awareness for Customer)  Setiap pelanggan yang membeli produk otomotif Astra akan diberikan safety driving and riding hand book, sebagai panduan dalam mengemudikan kendaraan. Tidak hanya itu, dalam setiap promosi produk otomotif Astra akan ditampilkan himbauan tentang keamanan berkendara. Selain itu dalam kegiatan-kegiatan customer gathering yang dilaksanakan Astra juga telah disisipkan topik tentang ajakan untuk mendukung keselamatan berkendara. 

Kedua, Panduan Keselamatan Berlalu Lintas bagi Masyarakat (Safety Campaign for Public) Kegiatan sosialisasi tujuh tip aman berlalu lintas kepada masyarakat yang dilaksanakan melalui talk show di radio, konten social media serta event khusus.

Ketiga, Kampanye Keselamatan Berlalu Lintas kepada pelajar di Sekolah  Melalui Astra Berbagi Ilmu (ABI), karyawan Grup Astra sebagai duta ABI akan menyosialisasikan keselamatan berlalu lintas kepada siswa-siswi SD–SMA hingga mahasiswa. ABI merupakan wujud semangat karyawan Astra untuk berbagi pada bangsa. Tahun ini akan dilaksanakan 2014 jam Astra Berbagi Ilmu oleh karyawan Astra, pengembangan kurikulum etika berlalu lintas serta pelatihan safety riding untuk pelajar SMA. Periode program “Indonesia, Ayo Aman Berlalu Lintas” ini akan dilaksanakan mulai April hingga Desember 2014 mendatang. Namun di tahun 2015, gerakan ini akan tetap dilaksanakan oleh masing-masing unit bisnis Astra

Sudah Sejak Lama  Sebelum meluncurkan gerakan “Indonesia, Ayo Aman Berlalu Lintas”, Grup Astra juga telah aktif sejak lama mengajak masyarakat untuk aman berlalu lintas. Beberapa program yang sudah dijalankan di antaranya adalah Toyota Astra Motor (TAM): Program Traffic Safety dilaksanakan TAM untuk mengembangkan upaya dalam mengurangi permasalahan lalu lintas seperti kecelakaan dan kemacetan, terdiri dari sejumlah program pendidikan keselamatan dalam mengemudi (safety driving) di beberapa daerah. Selain itu bekerjasama juga dengan Kementerian Perhubungan dan Kepolisian Negara Republik Indonesia untuk melaksanakan perbaikan jalan.

Astra Daihatsu Motor (ADM): Bersama dengan Korlantas, ADM menggandeng Club Daihatsu untuk mendeklarasikan Anti Bahu Jalan bagi pengguna jalan tol pada 2010. Pada tahun 2011 ADM mengampanyekan No Texting While You Drive dan membuat safety driving simulator yang menunjukkan cara mengemudi yang aman yang ditujukan untuk anak-anak. Selain itu ADM juga bekerjasama dengan Korlantas Polri untuk pembangunan rambu-rambu dan pembuatan buku-buku Ayo Mengenal Rambu-rambu Lalu Lintas.

Astra Honda Motor (AHM): AHM bekerjasama dengan dinas pendidikan untuk mengembangkan kurikulum pembelajaran etika berlalu lintas untuk siswa SMA/SMK dan SMP di 30 provinsi dan akan terus dikembangkan ke provinsi lain. Sebanyak 1.000 Honda Riding Trainer (HRT) yaitu simulasi keselamatan berkendara dengan standar internasional disebarkan di seluruh jaringan Honda.  

BERITA TERKAIT

Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu

  Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu NERACA Jakarta - Di bulan suci Ramadhan PT Waskita…

50 Tahun Nestle MILO - Donasikan 500 Ribu Gelas MILO Bagi Anak Indonesia

Rayakan hari jadi ke-50 dan juga juga memperingati bulan Ramadan, Nestlé MILO bekerja sama dengan Foodbank of Indonesia (FOI) mengadakan…

Boikot Produk Terafiliasi Israel - Pendapatan Merek Global Makin Tergerus

Gerakan boikot konsumen muslim sebagai protes atas pembersihan etnis yang dilakukan militer Israel di Gaza, Palestina, bukannya surut malah makin…

BERITA LAINNYA DI CSR

Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu

  Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu NERACA Jakarta - Di bulan suci Ramadhan PT Waskita…

50 Tahun Nestle MILO - Donasikan 500 Ribu Gelas MILO Bagi Anak Indonesia

Rayakan hari jadi ke-50 dan juga juga memperingati bulan Ramadan, Nestlé MILO bekerja sama dengan Foodbank of Indonesia (FOI) mengadakan…

Boikot Produk Terafiliasi Israel - Pendapatan Merek Global Makin Tergerus

Gerakan boikot konsumen muslim sebagai protes atas pembersihan etnis yang dilakukan militer Israel di Gaza, Palestina, bukannya surut malah makin…