Kembangkan Usaha Bisnis Laundry Skala Besar

Saat ini bisnis laundry memang sedang berkembang pesat baik laundry kiloan atau laundry skala besar (corporate laundry). Tetapi, kali ini kami akan membahas bagaimana mengembangkan laundry skala besar.

Mengembangkan usaha laundry skala besar memang lebih sulit ketimbang mengembangkan bisnis laundry skala rumahan. Karena untuk skala rumahan targetnya lebih jelas dan bisa dimuali dengan cara-cara sederhana, seperti dengan menyebarkan brosur dan lain sebagainya.

Lantas bagaimana untuk mengembangkan usaha laundry skala besar (corporate laundry) yang melayani hotel dan rumah sakit. Begini caranya menurut Wasono, pemilik Star Laundry yang sekaligus Ketua Asosiasi Laundry Indonesia (APLI).

Pada dasarnya mengembangkan laundry itu tidak terlalu berbeda antara laundry skala besar dengan laundry skala rumahan. Dimana pengusaha diharuskan untuk mencarai lokasi strategis sebagai tempat usaha, harga yang bersaing dengan kompetitor serta membangun sistem pemasaran yang unggul.

Bedanya, kata Wasono, untuk laundry skala besar atau yang dia sebut (corporate laundry) pemilik usaha juga harus pandai-pandai membuat proposal untuk diberikan kepada hotel dan rumah sakit. Karena maklum yang namanya rumah sakit dan hotel pasti punya birokrasi masing-masing, sehingga tak sembarang laundry yang bisa masuk ke sana.

Selain itu, tenaga pemasaran pun sangat diperlukan, nah kalau laundry skala kecil dengan menyebarkan selebaran-selebaran bisa langsung ramai, sementara untuk laundry skala besar tidak bisa demikian, mereka harus mampu menjadi yang terdepan lewat tenaga marketing mereka. “Marketing harus bagus kalau mau dapat job dari mereka (hotel dan rumah sakit).

Nah, yang terpenting dari semua hal tersebut adalah bagaimana pengusaha laundry skala besar mampu menjaga kualitas mereka, dengan kualitas memang mampu membuat laundry akan lebih dikenal lagi. Tetapi, untuk laundry baru sebaiknya menggunakan tenaga marketing handal. “Pengusaha hotel dan rumah sakit kan kecil, paling dia-dia lagi orangnya, makanya kalau kita bagus kita mampu leading,” jelas dia.

Wasono sangat tidak menyarankan kalau pengusaha laundry skala besar ini untuk perang harga. Karena bagi dia, tidak mungkin untuk mendapatkan kualitas prima dengan harga murah.   

BERITA TERKAIT

Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX

  Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX  NERACA  Jakarta – AMG (Alternative Media Group)…

InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

  InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024 NERACA Jakarta - InfoEkonomi.ID, portal berita seputar…

INNER Salon Muslimah Buka Outlet Baru di Sawangan

  INNER Salon Muslimah Buka Outlet Baru di Sawangan   Melakukan perawatan kecantikan bagi perempuan merupakan suatu cara untuk menjaga…

BERITA LAINNYA DI Keuangan

Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX

  Hadirkan solusi DOOH yang Lebih Dinamis, AMG Jalin Kemitraan Strategis dengan DMMX  NERACA  Jakarta – AMG (Alternative Media Group)…

InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024

  InfoEkonomi.id Sukses Gelar Anugerah Penghargaan 5th Top Digital Corporate Brand Award 2024 NERACA Jakarta - InfoEkonomi.ID, portal berita seputar…

INNER Salon Muslimah Buka Outlet Baru di Sawangan

  INNER Salon Muslimah Buka Outlet Baru di Sawangan   Melakukan perawatan kecantikan bagi perempuan merupakan suatu cara untuk menjaga…