DLLAJ Kabupaten Bogor Siapkan 10 Pos Pengaman Arus Mudik Lebaran

Kamis, 04/08/2011

NERACA

Bogor - Persiapan arus mudik terus dilakukan Dinas Lalulintas dan Angkutan Jalan DLLAJ Kabupaten Bogor. Seperti diketahui di bumi Tegar Beriman ini memang tidak fokus sebagai jalur mudik, tetapi sebagai perlintasan menuju beberapa wilayah.

Menurut Kepala Dinas LLAJ Kabupaten Bogor, Subiantoro, saat ini pihaknya sudah merancang pengamanan personil dan jalur untuk arus mudik lebaran 2011. Nantinya sebanyak 960 personil DLLAJ akan disiagakan di 10 Pos Pengaman­an dibeberapa jalur rawan kemacetan seperti Cibinong, Puncak, Trans Yogi dan Bocimi serta Dramaga-Jasinga.

Jumlah itu akan mulai siaga sekitar H min tujuh untuk memberikan petunjuk kepada pengguna jalan lintasan mana yang harus ditempuh terrnasuk mengantisipasi kemacetan. Selain itu DL­LAJ juga akan menyiapkan 130 angkutan lebaran dan terminal bantuan agar tidak ada penumpukan saat puncak arus mudik.

Menurut Subiantoro pada H min 10 seluruh bis baik antar kota antar provinsi atau dalam provinsi akan dilakukan pengecekan untuk menentukan kendaraan laik jalan dan pengendara juga bisa baik menjalankan tugas." Nanti H min 10 kita adakan pengecekan laik ti­dak kendaraan arus mudik" papar Subiantoro.

Sedangkan untuk Tuslah atau kenaikan tarif kendaraan DLLAJ belurn mendapat rekomendasi dari Kementrian Perhubungan, namun diperkirakan sama seperti tahun lalu sebesar 3%.