PDAM Lakukan Survei Kepuasan Pelanggan

Kabupaten Kuningan

Jumat, 28/03/2014

Kuningan – PDAM Tirta Kamuning Kuningan, melakukan Survei Indeks Kepuasan Pelanggan, dan di tahun 2013 tingkat kepuasan pelanggan di Kabupaten Kuningan berada pada angka 65 %.

Direktur PDAM, Deni Erlanda, kepada Neraca, menjelaskan, survei yang dilakukan BUMD Kuningan itu untuk mengukur tingkat kepuasan pelanggan selama kurun waktu satu tahun. Selama berdirinya PDAM, baru pada pimpinan Deni Erlanda, Survei Indeks Kepuasan Pelanggan itu dilakukan. Ada 21 indikator pertanyaan yang diberikan kepada konsumen yang dilakukan secara acak, dan merata disetiap wilayah.

“Dari indikator ini, Kita bisa melihat kekurangan Kita selama ini, dan dari survei itu Kita bisa melakukan perubahan. Baik dari sisi pelayanan, kualitas air maupun dari aspek lainnya. Bagaimana Kita bisa merubah pelayanan kalau Kita tidak tahu langsung kekurangan Kita dari konsumen,” papar Deni yang baru menjabat kurang dari satu tahun itu.

Kalau melihat dari indikator, angka 65 % sudah termasuk baik, tidak berada pada dibawah ambang batas (50 %). Kendati sudah mendapat indikator baik, namun bagi Deni, di tubuh PDAM sendiri masih banyak hal yang perlu dibenahi hingga pada survei tahun berikutnya, indikatornya harus naik.

Seperti masalah pipa yang digunakan PDAM selama ini, menurutnya pipa asbes yang digunakan PDAM selama 25 tahun sudah sangat tidak layak. Karena dari hasil penelitian, bahan baku asbes untuk pipa itu tidak baik untuk kesehatan. “Saya akan berusaha mengganti pipa dengan kualitas yang lebih baik, steril dan aman untuk konsumen. Tentunya secara bertahap,” tandasnya.