TETO Salurkan Bantuan 200 Ton Beras

Jumat, 28/03/2014

NERACA

Jakarta - Pemerintah Taiwan sejak November 2013 telah menyalurkan bantuan beras sebesar 200 ton untuk lebih dari 40 ribu warga di beberapa daerah di Indonesia. Bantuan tersebut disalurkan melalui kantor TETO (Kantor Ekonomi dan Dagang Taiwan di Indonesia) di Jakarta bersama Yayasan Amal Tiga Roda dan Asosiasi Lu Zhu.

Menurut pernyataan TETO, bantuan beras dari Taiwan ini mulai disalurkan November 2013. Beras disalurkan ke beberapa daerah, di antaranya Jatiuwung, Uwung Jaya, Sewan, Sewan Kedaung, Pasar Kemis, Bojong Nangka, Sangiang Jaya, kmp. Kronjo, Gelam Jaya, Bugel, Kota Bumi dan Tangerang.

Ke-200 ton beras itu dibagi menjadi 8.900 bungkus. Setiap bungkus ada logo bertulisan 'Love From Taiwan' seluruhnya telah di distribusikan kepada masyarakat miskin di Indonesia. Demikian keterangan tertulisnya di Jakarta, kemarin. Kepala Kantor Perwakilan Ekonomi dan Perdagangan Taiwan di Jakarta Chang Liang Jen mengatakan pada tahun 1960, Taiwan menerima bantuan pangan dan teknologi internasional.

Setelah kerja keras lebih dari 50 tahun, Taiwan yang dulunya dari masyarakat pertanian tradisional berkembang menjadi industri teknologi tinggi dan perdagangan jasa yang berorientasi masyarakat industri. "Negara kami bersedia berkontribusi kepada masyarakat internasional, untuk membantu orang yang membutuhkan bantuan," katanya.

Chang mengatakan data terbaru yang diliris oleh Departemen Pertanian Direktorat Pangan Taiwan menunjukkan pada tahun 2013, Taiwan telah memberikan sumbangan beras sebanyak 8.700 ton kepada 14 negara. Jumlah penerima bantuan mencapai 2,9 juta orang. Tahun 2014 jumlas tersebut akan bertambah menjadi 17.400 ton, untuk membantu penduduk miskin di 17 negara. Chang Liang Jen mewakili pemerintah Taiwan berterima kasih kepada Yayasan Amal Tiga Roda dan Asosiasi Lu Zhu atas bantuannya.

Dia mengatakan, pengusaha Taiwan yang sukses di seluruh Indonesia , diharapkan mereka akan terus memenuhi tanggung jawab sosial untuk berpartisipasi dalam kegiatan amal, untuk menunjukkan semangat cinta kasih mereka kepada orang yang membutuhkannya. [agus]