Pasar Tradisional Cianjur Jadi Pusat Promosi KUKM

Kamis, 27/03/2014

Cianjur - Pasar tradisional yang terletak di Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, diharapkan menjadi pusat promosi produk koperasi dan UKM unggulan di wilayah itu. "Pasar tradisional yang dikelola oleh koperasi ini kami harapkan akan mendongkrak perkembangan ekonomi di wilayah Cianjur dan sekitarnya," kata Menteri Koperasi dan UKM Sjarifuddin Hasan di Jakarta, Selasa.

Pasar itu dikelola oleh koperasi dan para pedagang di dalamnya merupakan anggota koperasi. Produk unggulan yang dipasarkan meliputi kerajinan tangan kaligrafi, jilbab, pakaian perempuan, hingga produk kuliner.

Menteri mengatakan pihaknya sendiri melihat program revitalisasi pasar tradisional sangat dibutuhkan sebagai salah satu upaya untuk menaikkan daya saing pasar tradisional menjelang era pasar bebas ASEAN.

Menurut dia, melalui revitalisasi pasar tradisional juga diharapkan tersedia infrastruktur sarana dan prasarana ekonomi di daerah yang representatif untuk berkembangnya ekonomi daerah sekaligus dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah. "Tahun ini kita ada program revitalisasi pasar tradisional melalui koperasi untuk 130 pasar tradisional di berbagai provinsi di seluruh Indonesia," katanya.

Ia menambahkan masing-masing pasar tradisional mendapatkan alokasi dana revitalisasi sebesar Rp800 juta hingga Rp1 miliar. "Kami harapkan para pedagang tradisional akan mendapatkan kepastian dan tempat usaha yang layak, konsumen merasa nyaman karena pasarnya bersih, aman, terjaga, terpelihara, dan semakin ramai dikunjungi masyarakat," katanya.

Pasar tradisional yang terletak di Jl. Raya Cianjur-Cibeber KM 5 Kecamatan Cilaku, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, merupakan salah satu pasar yang dikelola oleh koperasi. Peresmian pasar oleh Menteri Koperasi dan UKM itu bersamaan dengan pembukaan Rapat Anggota Tahunan Koperasi PER Adil Sentosa.

Topik Terkait

Pasar Cilaku cianjur