XL Targetkan Pendapatan Tumbuh 40% - Perkuat Bisnis Game Online

NERACA

Jakarta – Besarnya potensi keuntungan dari pasar industri game online, menjadi alasan bagi PT XL Axiata Tbk (EXCL) terus mengembangkan bisnis digital service, khususnya untuk bisnis digital entertainment game online. Tercatat, tahun lalu nilai pasar game online di Indonesia sebesar US$ 150 juta dan kontribusi bisnis game online terhadap pendapatan XL sekitar 20-25% dari total pendapatan XL.

Berdasarkan data yang dirilis IDC (Internet Data Centre) pendapatan total game mencapai US$ 150 juta di mana 60%-nya berasal dari game berbasis PC, 36%-nya berasal dari game berbasis social (facebook game) dan 4%-nya dari game berbasis mobile. Oleh karena itu, kedepan guna memperkuat bisnis game online, perseroan akan terus melakukan inovasi dan termasuk menggandeng developer game lokal, “Tahun ini kita menargetkan kontribusi bisnis game online terhadap pendapatan XL sebesar 40%,”kata Direktur Digital Service XL, Dian Siswarini di Jakarta, Rabu (26/3).

Dia menjelaskan, target pendapatan digital service tahun ini sebesar Rp 800 miliar terhadap total pendapatan XL. Dimana sekitar 40-50% dari target pendapatan digital service tahun ini di sumbang dari divisi digital entertainment dan dari 40-50% digital entertainment, sekitar 20-25% akan di sumbang bisnis game onlie.

Menurutnya, kedepan bisnis game online akan terus menjanjikan seiring makin meningkatnya pengguna internet di Indonesia yang mencapai sekitar 72 juta dari total populasi masyarkat Indonesia sebesar 240 juta jiwa. Bahkan, dirinya menyakini industri game akan menjadi salah satu pilar penting terhadap pertumbuhan bisnis digital service entertainment, “Industri ini penggunanya banyak, apalagi 5 juta pengguna XL semuanya memakai game online dan diharapkan akan terus tumbuh,”ujarnya.

Maka melalui produk XKoin, suatu mekanisme pembelian game credit melalui potong pulsa XL dan voucher XL, diharapkan pengguna game online melalui produk ini bisa meningkat mencapai 250 ribu pengguna dari jumlah saat ini hanya 50 ribu pengguna.

Kata Dian, melalui XKoin kini pelanggan dapat dengan mudah melakukan pengisian game credit dengan pemotongan pulsa, bahkan tanpa perlu memiliki nomer XL sebelumnya. Tentunya, dengan metode pembelian yang mudah, aman, dan cepat seperti ini diharapkan pecinta game dapat lebih mudah mendapatkan game credit kapanpun dan di manapun. (bani)

BERITA TERKAIT

BEI Targetkan 2000 Investor di Papua Barat

NERACA Monokwari - Penetrasi pasar modal lebih luas lagi, PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menargetkan peningkatan 2.000 investor dari Provinsi…

Laba Bayu Buaya Tumbuh 17% di 2017 - Berkah Pertumbuhan Pariwisata

NERACA Jakarta – Melesatnya pertumbuhan industri pariwisata di dalam negeri sepanjang 2017 kemarin,  memberikan dampak positif terhadap kinerja PT Bayu…

Anak Usaha AKRA Tambah Kapasitas Penyimpanan - Geliat Bisnis Sektor Hilir Minyak

NERACA Jakarta - PT Jakarta Tank Terminal (JTT), perusahaan patungan PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) dan Royal Vopak akan menambah…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

Minat Asuransi Meningkat - Zurich Buka Agen di Yogyakarta dan Jateng

NERACA Yogyakarta -Perluas penetrasi pasar asuransi di dalam negeri, perusahaan asuransi jiwa terkemuka di Indonesia Zurich membuka kantor keagenan keduanya…

Nusantara Infrastructure Bagikan Dividen

NERACA Jakarta - Berkah mencatatkan kinerja keuangan yang positif, PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) berencana untuk memberikan deviden kepada para…

Metrodata Tuntaskan Merger Anak Usaha

PT Metrodata Electronics Tbk (MTDL) merampung merger dua entitas bisnis anak usahanya yakni PT Logicalis Metrodata Indonesia (LMI) dengan PT…