XL Targetkan Pendapatan Tumbuh 40% - Perkuat Bisnis Game Online

NERACA

Jakarta – Besarnya potensi keuntungan dari pasar industri game online, menjadi alasan bagi PT XL Axiata Tbk (EXCL) terus mengembangkan bisnis digital service, khususnya untuk bisnis digital entertainment game online. Tercatat, tahun lalu nilai pasar game online di Indonesia sebesar US$ 150 juta dan kontribusi bisnis game online terhadap pendapatan XL sekitar 20-25% dari total pendapatan XL.

Berdasarkan data yang dirilis IDC (Internet Data Centre) pendapatan total game mencapai US$ 150 juta di mana 60%-nya berasal dari game berbasis PC, 36%-nya berasal dari game berbasis social (facebook game) dan 4%-nya dari game berbasis mobile. Oleh karena itu, kedepan guna memperkuat bisnis game online, perseroan akan terus melakukan inovasi dan termasuk menggandeng developer game lokal, “Tahun ini kita menargetkan kontribusi bisnis game online terhadap pendapatan XL sebesar 40%,”kata Direktur Digital Service XL, Dian Siswarini di Jakarta, Rabu (26/3).

Dia menjelaskan, target pendapatan digital service tahun ini sebesar Rp 800 miliar terhadap total pendapatan XL. Dimana sekitar 40-50% dari target pendapatan digital service tahun ini di sumbang dari divisi digital entertainment dan dari 40-50% digital entertainment, sekitar 20-25% akan di sumbang bisnis game onlie.

Menurutnya, kedepan bisnis game online akan terus menjanjikan seiring makin meningkatnya pengguna internet di Indonesia yang mencapai sekitar 72 juta dari total populasi masyarkat Indonesia sebesar 240 juta jiwa. Bahkan, dirinya menyakini industri game akan menjadi salah satu pilar penting terhadap pertumbuhan bisnis digital service entertainment, “Industri ini penggunanya banyak, apalagi 5 juta pengguna XL semuanya memakai game online dan diharapkan akan terus tumbuh,”ujarnya.

Maka melalui produk XKoin, suatu mekanisme pembelian game credit melalui potong pulsa XL dan voucher XL, diharapkan pengguna game online melalui produk ini bisa meningkat mencapai 250 ribu pengguna dari jumlah saat ini hanya 50 ribu pengguna.

Kata Dian, melalui XKoin kini pelanggan dapat dengan mudah melakukan pengisian game credit dengan pemotongan pulsa, bahkan tanpa perlu memiliki nomer XL sebelumnya. Tentunya, dengan metode pembelian yang mudah, aman, dan cepat seperti ini diharapkan pecinta game dapat lebih mudah mendapatkan game credit kapanpun dan di manapun. (bani)

BERITA TERKAIT

Prodia Buka Layanan Kesehatan Usia Lanjut - Kejar Target Pendapatan

NERACA Jakarta - Perluas bisnis layanan kesehatan dengan membidik segmen pasar usia lanjut, PT Prodia Widyahusada Tbk (PRDA) meresmikan Prodia…

ADB Dukung Bisnis Inklusif Di Indonesia

  NERACA   Jakarta - Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB) mendukung bisnis inklusif di Indonesia melalui investasi untuk sektor…

Akselerasi Bisnis Gratis Demi Menelurkan Pengusaha

  NERACA   Jakarta - Menjadi pengusaha sukses adalah impian banyak orang. Tetapi tidak banyak orang mampu mencapai kesuksesan dalam…

BERITA LAINNYA DI BURSA SAHAM

Desa Nabung Saham Hadir di Monokwari

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) akan mencanangkan "Desa Nabung Saham" di wilayah Kabupaten Manokwari, Papua Barat,”Desa Nabung Saham akan dibentuk…

BEI Suspensi Perdagangan Saham MNCN

Mengendus adanya transaksi yang mencurigakan melalui Nomura Sekuritas Indonesia, PT Media Nusantara Citra Tbk (MNCN) mengajukan penghentian sementara (suspensi) perdagangan…

Link Net Targetkan 150 Ribu Pelanggan

Kebutuhan jaringan internet di Indonesia memacu PT Link Net Tbk (LINK) gencar ekspansi jaringan. LINK optimistis bisa memenuhi target 2,8…