Siasat Memilih dan Mengatur Furnitur Outdoor

Sabtu, 29/03/2014

Memiliki teras yang luas memang sangat menyenangkan, karena di sana kita bisa bersenang-senang dengan anggota keluarga lainnya. Baik untuk sekedar berkumpul, bermain, atau melakukan hal lainnya bersama keluarga.

Tetapi masalahnya, untuk mendapatkan semua itu harus didukung dengan fasilitas berupa furnitur yang mumpuni. Karena furnitur yang biasa saja akan mudah rusak jika terus menerus terpapar panas matahari serta tertimpa curahan air hujan.

Alhasil, kursi dan meja dari jenis plastik pun akan kusam dan lama-kelamaan akan rusak, begitupun dengan kursi dari kayu. Jika terlalu sering terkena air hujan akan lapuk dan juga akan rusak. Meski demikian, memang produk dari kayu terbukti lebih kuat dari produk plastik. Nah, jika ingin membeli atau mengganti furnitur kayu teras perhatikan hal-hal berikut ini.

Kebanyakan teras didisain dalam ukuran tidak sebesar ruang utama dalam rumah. Bila Anda ingin menambahkan furnitur di sana sebaiknya pilih furnitur yang ukurannya pas. Gunakan kursi dengan ukuran minimal yaitu 40 x 30,5 cm. Agar lebih fleksibel gunakan kursi tanpa pegangan dan sandaran.

Begitu pula dengan meja yang akan Anda letakkan di teras. Ukuran ideal meja di teras adalah meja dengan ukuran berkisar antara 60-90 cm namun tidak ada salahnya dengan ukuran minimal yaitu 60×60. Intinya, ukuran furnitur yang Anda ingin terapkan harus disesuaikan dengan luasnya teras. Karena penggunaan yang salah akan membuat teras nampak sempit serta bertumpuk. Untuk itu, jika teras Anda kecil gunakan kursi dan meja yang juga berukuran kecil dan sebaliknya.

Ya, tentunya untuk teras yang berukuran cukup luas sah-sah saja jiika Anda ingin mengaplikasikan furnitur berukuran besar dan berdisain rumit dan atraktif. Karena dengan cara itu Anda dapat yang membuat teras agar lebih mewah dan menarik.

Posisi teras pastinya berhubungan langsung dengan udara dan cuaca luar. Karena itu, pemilihan material merupakan hal yang patut diperhatikan. Ya, pengaruh cuaca dapat merusak furnitur yang Anda sediakan. Nah, demi menghindari kerusakan utamakan gunakan furnitur dengan kayu yang sudah matang dan keras, seperti jati misalnya, furniture jebis ini akan lebih kuat dari jenis kayu lainnya.

Perhatikan pula finishing furnitur tersebut. Agar tidak mudah lapuk atau dimakan serangga sebaiknya furnitur-furnitur itu dilapisi terlebih dahulu dengan pelistur. Rasanya kalau untuk ini tak hanya furnitur dari kayu saja, furnitur dari besi juga harus mendapatkan [perlakuan yang sama, agar tahan lebih lama.

Selain material pembuat furnitur, lokasi penempatan furnitur juga sangat menentukan keawetan frurnitur. Dengan kata lain, semakin sering terkena hantaman cuaca seperti hujan dan panas, maka furnitur yang Anda miliki akan cepat rusak.

Karena itu, tempatkan furnitur Anda di tempat yang agak terlindungi atau tidak mampu dijangkau cahaya matahari dan hujan secara langsung. Agar tak terkena hantaman panas hujan yang masif tempatkan di lokasi yang lebih dekat dengan jendela dan pintu rumah Anda.