Lestari Tani Teladan Raih IMA 2013

Senin, 24/03/2014

NERACA

Jakarta - Millennium Development Goals (MDGs) atau dalam bahasa Indonesia diterjemahkan menjadi “Tujuan Pembangunan Milenium”, adalah sebuah paradigma pembangunan global yang dideklarasikan Konferensi Tingkat Tinggi Milenium oleh 189 negara anggota Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) di New York pada bulan September 2000.

Semua negara yang hadir dalam pertemuan tersebut berkomitmen untuk mengintegrasikan MDGs sebagai bagian dari program pembangunan nasional dalam upaya menanganipenyelesaian terkait dengan isu-isu yang sangat mendasar tentang pemenuhan hak asasi dan kebebasan manusia, perdamaian, keamanan, dan pembangunan.

Pekan lalu, PT. Lestari Tani Teladan berhasil menyabet penghargaan dalam ajang Indonesia MDG Awards (IMA) 2013 untuk bidang “akses terhadap air bersih dan sanitasi dasar dari sektor swasta”. Malam puncak penganugerahan MDG (Millenium Development Goals) Awards yang digelar di Ballroom Djakarta Teatre Sabtu, 15 Maret 2014 tersebut turut dihadiri oleh Menteri Kesehatan RI, Nafsiah Mboi, Utusan Khusus Presiden RI untuk MDG Prof. Nila Moeloek, serta 63 finalis program unggulan MDG Awards dari empat kelompok berbeda, yaitu Kabupaten atau Kota, Organisasi Masyarakat, Organisasi pemuda dan akademisi, serta sektor swasta.

Indonesia MDG Awards (IMA) sendiri merupakan ajang tahunan yang digelar oleh Kantor Utusan Khusus Presiden Republik Indonesia untuk MDGs (KUKP-RI MDGs) sebagai bentuk apresiasi terhadap berbagai praktis cerdas (best practices) dalam bidang Kesehatan ibu dan anak, nutrisi, pencegahan HIV/AIDS dan penyakit menular lainnya, akses terhadap air bersih dan sanitasi dasar, serta bidang pendidikan yang telah diimplementasikan oleh keempat kelompok di atas guna memberikan perbaikan nyata bagi masyarakat setempat.

Dalam perhelatan Indonesia MDGs Awards ke-3 di tahun 2013 ini sejumlah tokoh nasional dan pakar yang relevan dengan fokus permasalahan MDGs terlibat sebagai dewan juri. Mereka diantaranya adalah Prof. Dr. Fasli Jalal, Phd (Kepala BKKBN), Dr. Yanuar Nugroho (Asisten Ahli Kepala Unit Kerja Presiden bidang pengawasan dan pengendalian pembangunan (UKP4), dan Dr. Ninok Laksono (Rektor Universitas Multimedia Nusantara).

Para dewan juri MDGs Award 2013 tersebut telah menyeleksi ke-443 program yang terdaftar sebagai peserta dari seluruh nusantara untuk kemudian menetapkan 63 program unggulan sebagai finalis. PT. Lestari Tani Teladan yang merupakan anak perusahaan PT Astra Agro Lestari Tbk dinobatkan sebagai juara untuk kategori Akses terhadap air bersih dan sanitasi dasar dari sektor swasta dengan judul program “Penyediaan Air Bersih untuk Masyarakat Desa Minti Makmur, Kecamatan Rio Pakava, Kabupaten Donggala, Provinsi Sulawesi Tengah.”

Satu hari sebelum acara puncak pengumuman pemenang program terbaik, perwakilan PT. Lestari Tani Teladan, seluruh finalis dan panitia berkesempatan menyambangi Istana Wapres untuk beraudiensi langsung dengan Wakil Presiden, Boediono. Secara khusus, Wapres berpesan kepada pimpinan PT. Lestari Tani Teladan, Railin Ginting, agar program air bersih yang ada saat ini dikelola dengan baik agar tidak menutup kemungkinan cakupan penerima program tersebut bisa diperluas di desa-desa lain di sekitar perusahaan.

Community Development PT. Lestari Tani Teladan, Imam Thayibi mengungkapkan bahwa langkah awal dalam penyusunan program ini adalah dengan melakukan identifikasi kebutuhan masyarakat melalui diskusi (Participatory Rural Appraisal) antara perwakilan masyarakat, manajemen perusahaan, serta pemerintah desa setempat.

“Dari hasil pertemuan disimpulkan bahwa prioritas kebutuhan masyarakat adalah penyediaan air bersih. Selanjutnya, dilakukan identifikasi masalah-masalah yang harus diselesaikan untuk pemenuhan kebutuhan air bersih masyarakat desa,” kata dia