Melibatkan 100 Produk UKM Seluruh Indonesia

IFA FEST 2014 di Jakarta

Jumat, 21/03/2014

Jakarta - "Indonesian Fashionista & Art Festival" (IFA FEST) 2014 digelar di Gedung SME Tower, Jakarta, pada 20--23 Maret yang melibatkan 100 stand produk koperasi dan UKM dari berbagai provinsi di Indonesia.

Sekretaris Kementerian Koperasi dan UKM Agus Muharram di Jakarta, Kamis mengatakan pameran produk unggulan itu diharapkan dapat menyumbangkan kontribusi yang nyata terhadap perkembangan koperasi dan UMKM di Tanah Air. "Kami berharap pameran ini memberikan dukungan akses pemasaran bagi produk-produk unggulan KUMKM di Tanah Air," katanya.

Pihaknya menyadari selama ini pelaku KUKM terbentur keterbatasan akses sumber daya produktif, akses pasar/kemitraan, permodalan, SDM, dan teknologi.

Oleh karena itu, ia menyatakan pihaknya siap menjadi fasilitator dan dinamisator dalam mengakselerasi untuk mewujudkan KUMKM yang tangguh dan mandiri. "Di sisi lain, para pelaku KUMKM harus produktif menciptakan produk kreatif yang memiliki ciri khas dan dapat dengan cepat merespons kebutuhan konsumen yang cepat berubah," katanya.

Pihaknya juga berharap, para pelaku KUMKM dapat terus-menerus mencari informasi dan peluang yang dapat dimanfaatkan dalam memenuhi permintaan pasar.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama Lembaga Layanan Pemasaran (LLP)-KUKM Ahmad Zabadi mengatakan pihaknya sebagai penyelenggara IFA Fest 2014 berharap acara itu bisa mendongkrak kunjungan masyarakat ke Gedung SME Tower. "Ini salah satu terobosan yang kami lakukan di usia kami yang sudah tujuh tahun," katanya.

Pameran itu sendiri merupakan rangkaian acara kedua dalam memperingati HUT LLP-KUKM ke-7 pada 20 Maret 2014.

Pameran dimeriahkan produk unggulan binaan KUKM Kementerian Koperasi dan UKM dari seluruh Indonesia. "Acara dirangkai dengan kontes adu bakat untuk anak usia 3 sampai 11 tahun di bidang menyanyi, akting, dan fashion show berjudul Smart Kids, Smart Talent 2014," katanya.

Kegiatan lain yang digelar terangkai yakni Dapur Nusantara II yang dikemas dengan konsep Karnaval di area outdoor Exhibition Hall yang menawarkan sajian kuliner khas nusantara. “Saya berharap acara itu mampu mendukung pemberdayaan KUKM di tanah air”, kata Zabadi