Hasil Evaluasi Menjelang Ramadhan,Kualitas Daging Masih Bisa Dipertahankan

Rabu, 03/08/2011

Memasuki Bulan Ramadhan maupun menghadapi Hari Raya Idul Fitri, permintaan komoditas hasil peternakan melonjak, baik daging sapi, daging ayam maupun telur. Berdasarkan hasil evaluasi menjelang datangnya Bulan Puasa, kualitas daging baik sapi maupun ayam bisa dipertahankan, ungkap Kadisnak Jabar, Kusmayadi Tatang Padmadinata, di sela-sela kegiatan sidak Senin (1/8) lalu.

Menurut Kusmayadi, diakui dalam situasi menghadapi Bulan Ramadhan maupun Hari Raya Idul Fitri harga daging mengalami lonjakan, untuk daging sapi yang di hari-hari biasa Rp.58.000,- per kg menghadapi Bulan Ramadhan tembus di harga Rp.70.000,- per kg.

Kenaikan juga terjadi pada harga daging ayam dimana pada hari-hari biasa rata-rata sebesar Rp.24.000,- per kg, dalam suasana menjelang Bulan Ramadhan mencapai Rp. 30.000,- per kg.

Kendati harga daging sempat mengalami kenaikan, ujar Kusmayadi, dari sisi kualitas masih bisa dipertahankan karena dari laporan yang masuk tidak ada laporan perihal daging yang bermasalah baik rusak maupun adanya hewan ternak yang sakit.