AKR Corporindo Lepas 140 Ribu Saham

Senin, 17/03/2014

NERACA

Jakarta- Direktur PT AKR Corporindo Tbk (AKRA) Suresh Vembu menjual kepemilikan sahamnya sebanyak 140 ribu saham dengan harga penjualan rata-rata Rp4.800 per saham. Melalui penjualan saham perseroan tersebut, total dana yang diperolehnya sebanyak Rp672 juta. “Dengan begitu kepemilikan jumlah saham AKRA berkurang menjadi 770 ribu saham dari sebelumnya 910 ribu saham." kata Suresh dalam keterangan resminya di Jakarta, akhir pekan kemarin.

Menurut Suresh, transaksi penjualan saham ini dilakukan pada 7 Maret 2014. Adapun tujuan dilakukannya transaksi penjualan saham ini adalah untuk keperluan pribadi. Padahal, jika ditengok ke dilihat kembali dari rencana pengembangan bisnis perseroan, PT AKR Corporindo (AKRA) tercatat menjadi distributor bahan bakar minyak (BBM). Perseroan akan menyalurkan bahan bakar minyak (BBM) solar sebanyak 640 ribu kiloliter (KL).

Selain itu, manajemen perseroan sebelumnya juga akan menambah beberapa SPBU baru. Badan Pengatur Hilir Minyak dan gas (BPH Migas) pun sudah menunjuk perseroan untuk menyalurkan BBM jenis premium tersebut sepanjang 2014. Meskipun memang, jumlah BBM yang akan disalurkan lebih rendah ketimbang 2013 lalu yang mencapai 880.850 KL.

Sebagai informasi, saat ini perseroan memiliki 116 gerai Stasiun Pengisian Bahan Bakar Kendaraan Bermotor (SPBKB) dan Stasiun Pengisian Bahan Bakar Nelayan (SPBN) sampai akhir Februari 2014. Stasiun pengisian bahan bakar tersebut berada di pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi and Bali.

PT AKR Corporindo Tbk sebelumnya juga berupaya memperkuat modal anak usahanya, AKR Coal menjadi Rp230,45 miliar dari semula sebesar Rp139,8 miliar. Hal ini dilakukan seiring persetujuan pemegang saham PT Anugrah Karya Raya (AKR Coal), yaitu perseroan dan PT Pundi Prima Investama (PPI) pada 26 Desember 2013.

Dari jumlah tersebut, sebesar Rp90,65 miliar diambil bagian serta disetor penuh seluruhnya oleh perseroan. Dengan adanya peningkatan modal tersebut diharapkan dapat menopang kinerja perseroan ke depan. “Dana yang diperoleh AKR Coal akan digunakan untuk menunjang kegiatan usaha.” kata Direktur PT AKR Corporindo Tbk, Suresh Vembu. (lia)