Memijak Pantai dengan Pasir Terhalus di Asia

Pantai Ngurbloat

Sabtu, 22/03/2014

Tidak banyak yang mengetahui keindahan pantai Ambon yang satu ini, pantai dengan pasir yang sangat halus dan dikelilingi keindahan pemandangan alam yang masih terjaga asri, membuat pantai ini wajib didatangi saat berkunjung kekota Ambon Manise ini. Pantai Ngurbloat berlokasi di Desa Ngilngof, Kabupaten Maluku Tenggara.

Pantai Ngurbloat juga dikenal dengan Pantai Pasir Panjang oleh masyarakat setempat. Nama tersebut mungkin berasal dari bentang pesisir pantainya yang mencapai 5 kilometer mulai dari Pantai Ngurbloat di Desa Ngilngof hingga Pantai Ngursamadan di Ohoililir, Kecamatan Kei Kecil.

Hamparan pasir putih di pantai ini begitu lembutnya, bahkan National Geographic mendapuknya sebagai pasir pantai terhalus di Asia. Pemerintah Maluku Tenggara pun kini menjadikan pantai tersebut sebagai salah satu destinasi andalan mereka.

Sepanjang pesisir pantai, pepohonan kelapa berjajar melengkapi indahnya laut biru yang akan membuai kita untuk betah berlama-lama menikmati setiap keindahan di pantai ini. Di tempat ini kita pun bisa bermain voli atau sepak bola pantai. Menyaksikan nelayan setempat yang sedang mencari ikan di kejauhan tentunya bisa menemani penantian kita pada Matahari yang terbenam. Pemandangan mentari ke peraduannya di pantai ini sangatlah indah.

Saksikan pula bagaimana perubahan warna langit dari biru menjadi kuning keemasan merupakan pengalaman mengasyikkan saat melewati sore dan beranjak malam di pesisir pantai ini.

Saat terbaik untuk berkunjung ke pantai ini adalah April sampai Mei dan Oktober sampai Desember. Karena pada bulan-bulan itu cuaca cerah dan ombak di pantainya cenderung tenang. Demi kebersihan Pantai Ngurbloat, sangat disarankan untuk tidak membuang sampah sembarangan dan merusak tanaman yang ada di sekitar pantai. Jadilah pengunjung yang bertanggung jawab dan ramah untuk warga sekitar.