Solusi Bisnis Kebersihan dan Laundry di Indonesia

Ajang Expo Clean dan Expo Laundry 2014

Sabtu, 15/03/2014

Dalam dua tahun belakangan ini, industri yang bergantung dengan sumber daya manusia harus terus berfikir keras dalam mencari solusi efisien untuk menekan ongkos produksi dan operasi. Karena itu, para kontraktor jasa kebersihan di Indonesia akan menyelenggarakan Expo Clean pada 27-29 Maret mendatang.

Expo Clean 2014 merupakan ajang pameran dagang yang menampilkan berbagai produk sebagai solusi kebersihan. Mulai dari kebersihan komersil, industri, publik hingga sanitasi rumah dan pribadi. Dalam ajang itu, akan menampilkan [erkembangan teknologi kebersihan di dunia guna menjadi jembatan yang menjawab kebutuhan cleaning service di Indonesia.

Maklum saja, karena di Indonesia belakangan ini sedang gencar melakukan pembangunan, baik di industri properti, hospitality (hotel dan rumah sakit) dan layanan publik lainnya seperti pusat perbelanjaan dan sekolah.

Rencananya, dalam pameran itu juga akan menampilkan pameran laundry pertama, yang pertama di Indonesia dan juga tingkat regional ASEAN. Di sini juga akan dipamerkan berbagai teknologi perlengkapan laundry serta solusi mutakhir untuk meningkatkan kualitas hasil laundry.

Sang penyelenggara, PT Media Artha Sentosa, melalui direkturnya Teddy Halim menyatakan harapannya dari penyelenggaraan pameran alat-alat kebersihan itu. Dia berharap pameran ini dapat mempertemukan para pelaku usaha untuk tahu teknologi lebersihan saat ini.

“Kami berharap, Expo Clean dan Expo Laundry 2014 nanti dapat menjadi sarana dan ajang pertemuan para pelaku usaha yang membutuhkan informasi tentang perkembangan produk terbaru. Termasuk perkembangan teknologi di bidang cleaning service dan laundry,” kata dia.

Ajang ini juga mendapat dukungan dari Asosiasi Perusahaan Klining Servis Indonesia (APKLINDO) dan Asosiasi Profesi Laundry (APLI). Maklum, kedua asosiasi inilah yang bersentuhan langsung dengan apa yang dipamerkan nantinya.

“Para anggota APKLINDO yang berjumlah 3000 pengusaha klining servis pastinya memiliki kepentingan untuk hadir dalam Expo ini. Karena ini merupakan kesempatan terbaik untuk mendapatkan informasi terbaru dan bertemu relasi bisnis,” kata Tommy G Hardjana, Sekretaris Umum APKLINDO.

Senada dengan APKLINDO, APLI juga menyambut baik Expo alat kebersihan itu. Menurut Wasono Raharjo ajang seperti ini yang sangat di tunggu karena merupakan ajang pertama di Indonesia dan ASEAN.

“Kami sangat senang dan menyambut baik dengan diselenggarakannya pameran ini di Jakarta, karena kami bisa mendapatkan semua informasi terbaru tentang bisnis laundry serta mempelajari berbagai kesempatan dalam satu lokasi,” jelas dia.

Tak hanya memamerkan alat serta teknologi saja, ajang Expo Clean dan Expo laundry 2014 juga menggelar berbagai seminar yang berkaitan dengan laundri serta klining servis. Diantaranya, seminar Masa Depan Bisnis Laundry Indonesia, Profesional Textile Care dan Tantangan Industri Klining Servis Menghadapi CAFTA 2015.