Sukses Bisnis Ditentukan Tim Pemasaran Andal

Sabtu, 15/03/2014

Bisnis sejatinya sangat bergantung kepada angka penjualan, hal ini tentu saja ditentukan oleh tim pemasaran yang andal. Tanpa tim pemasaran serta strategi pemasaran yang baik, mustahil bisnis Anda langgeng.

Ya, karena dalam hal pemasaran, biasanya seorang pebisnis dihadapkan pada dua hal. Pertama adalah soal biaya promosi. Kedua bagaimana menentukan strategi pemasaran yang tepat dan efektif sehingga produk bisa diterima pasar.

karena itu, pebisnis harus tahu bagaimana menentukan target pasar yang baik. Sebab, seberapa bagus sebuah produk, kalau tidak ada pembeli maka tidak ada keuntungan yang bisa didapat. Nah urusan pembeli inilah yang akan di handle tim pemasaran.

Menentukan siapa pembeli produk dan produk apa yang bisa dijual kepada mereka adalah hal harus dilakukan pertama kali. Mungkin ada banyak pilihan kelompok pasar yang bisa dijadikan target, namun agar lebih maksimal fokuslah hanya pada satu target.

Tujuannya, agar perhatian tidak terpecah sehingga yang Anda telah rencanakan buyar seiring semua hal ingin dicapai. Selain itu, pada satu target yang ingin dicapai, juga harus diperhatikan kira-kira mana diantara mereka yang akan menjadi pelanggan yang loyal.

Strategi memasarkan produk juga sangatlah penting. Saat melakukan pemasaaran, permainan bahasa untuk hal yang satu ini sangatlah penting. Sehingga dengan kata-kata yang telah didengar konsumen akan merubah mindset mereka akanproduk yang ditawarkan.

Bila produk yang Anda hasilkan ditujukan untuk orang-orang yang berada di sekitar lingkungan, maka mungkin metode bertatap muka dan menggunakan slebaran akan jauh lebih efektif. Lain lagi bila Anda menawarkan produk pada konsumen yang lebih luas, maka media promosi yang efektif adalah melalui koran, majalah, media online atau televisi.

Meski demikian, Anda harus hati-hati menggunakan mdeia promosi. Terlebih ketika berpromosi melalui media sosial. Sebab, media sosial bisa jadi bumerang yang akan menyerang pemiliknya jika tak mampu dikuasai.

Nah, demi meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya Anda perhatikan ketika merekrut tenaga marketing. Seorang penjual harus memiliki ambisi besar untuk selalu jadi yang terdepan dan tak akan tidak mudah menyerah.

Kemudian beri pelatihan tepat. Pelatihan di sini meliputi pengetahuan tentang perusahaan, produk dan gambaran umum tentang persaingan, karena bagaimana mereka bisa berjualan kalau tanpa mengetahui semua ini.

Lakukan monitoring bagaimana tenaga penjual mencapai target dan telah melalui pelatihan memulai menerapkan atau mengimplementasikan semua yang dipelajarinya ke dalam praktik. Jika mereka (salesman atau saleswoman) berhasil mencapai suatu target penjualan maka tak ada salahnya jika diberikan penghargaan.