Sukses Bisnis Ditentukan Tim Pemasaran Andal

Bisnis sejatinya sangat bergantung kepada angka penjualan, hal ini tentu saja ditentukan oleh tim pemasaran yang andal. Tanpa tim pemasaran serta strategi pemasaran yang baik, mustahil bisnis Anda langgeng.

Ya, karena dalam hal pemasaran, biasanya seorang pebisnis dihadapkan pada dua hal. Pertama adalah soal biaya promosi. Kedua bagaimana menentukan strategi pemasaran yang tepat dan efektif sehingga produk bisa diterima pasar.

karena itu, pebisnis harus tahu bagaimana menentukan target pasar yang baik. Sebab, seberapa bagus sebuah produk, kalau tidak ada pembeli maka tidak ada keuntungan yang bisa didapat. Nah urusan pembeli inilah yang akan di handle tim pemasaran.

Menentukan siapa pembeli produk dan produk apa yang bisa dijual kepada mereka adalah hal harus dilakukan pertama kali. Mungkin ada banyak pilihan kelompok pasar yang bisa dijadikan target, namun agar lebih maksimal fokuslah hanya pada satu target.

Tujuannya, agar perhatian tidak terpecah sehingga yang Anda telah rencanakan buyar seiring semua hal ingin dicapai. Selain itu, pada satu target yang ingin dicapai, juga harus diperhatikan kira-kira mana diantara mereka yang akan menjadi pelanggan yang loyal.

Strategi memasarkan produk juga sangatlah penting. Saat melakukan pemasaaran, permainan bahasa untuk hal yang satu ini sangatlah penting. Sehingga dengan kata-kata yang telah didengar konsumen akan merubah mindset mereka akanproduk yang ditawarkan.

Bila produk yang Anda hasilkan ditujukan untuk orang-orang yang berada di sekitar lingkungan, maka mungkin metode bertatap muka dan menggunakan slebaran akan jauh lebih efektif. Lain lagi bila Anda menawarkan produk pada konsumen yang lebih luas, maka media promosi yang efektif adalah melalui koran, majalah, media online atau televisi.

Meski demikian, Anda harus hati-hati menggunakan mdeia promosi. Terlebih ketika berpromosi melalui media sosial. Sebab, media sosial bisa jadi bumerang yang akan menyerang pemiliknya jika tak mampu dikuasai.

Nah, demi meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan sebaiknya Anda perhatikan ketika merekrut tenaga marketing. Seorang penjual harus memiliki ambisi besar untuk selalu jadi yang terdepan dan tak akan tidak mudah menyerah.

Kemudian beri pelatihan tepat. Pelatihan di sini meliputi pengetahuan tentang perusahaan, produk dan gambaran umum tentang persaingan, karena bagaimana mereka bisa berjualan kalau tanpa mengetahui semua ini.

Lakukan monitoring bagaimana tenaga penjual mencapai target dan telah melalui pelatihan memulai menerapkan atau mengimplementasikan semua yang dipelajarinya ke dalam praktik. Jika mereka (salesman atau saleswoman) berhasil mencapai suatu target penjualan maka tak ada salahnya jika diberikan penghargaan.

BERITA TERKAIT

Sriwahana Ekspansi di Bisnis Paper Mill - Hadapi Kendala Bahan Baku

NERACA Jakarta – Mensiasati kendala keterbatasan bahan baru produksi, khususnya kertas sebagai bisnisnya. PT Sriwahana Adityakarta Tbk (SWAT) bakal melakukan…

Forza Land Hanya Fokus Proyek Eksisting - Jaga Pertumbuhan Bisnis

NERACA Jakarta – Memasuki tahun politik, PT Forza Land Indonesia Tbk (FORZ), emiten yang bergerak dalam bidang perdagangan dan jasa…

Merck Kantungi Dana Segar Rp 1,384 Triliun - Lepas Bisnis Consumer Health

NERACA Jakarta – Emiten farmasi, PT Merck Tbk (MERK) berencana menjual lini usaha consumer health kepada PT Procter & Gamble…

BERITA LAINNYA DI PELUANG USAHA

Pemerintah Segera Berlakukan Tarif Pajak 0,5 Persen Untuk UMKM

Penurunan tarif pajak penghasilan (PPh) final untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang beromzet di bawah Rp 4,8 miliar…

Ini Dia Kiat Sukses Binis Kuliner - Tingginya Persaingan

Bisnis kuliner menjadi salah satu yang paling menjanjikan dan tak pernah sepi, sehingga wajar saja jika banyak orang melirik bisnis…

Teguk Segernya Usaha Minuman Jus Buah

Minuman Jus buah,  memang tidak pernah surut mengingat minuman ini terus digemari. Rasanya yang segar dan kandungan vitamin serta serat…