Jangan Lupa Perhatikan Instalasi Air Bersih - Ingin Membangun Rumah?

Membuat instalasi air memang tidak bisa dianggap remeh. Pasalnya, jika terjadi kesalahan maka akan sulit untuk memperbaikinya. Tak hanya itu, biaya yang dikeluarkan pun akan semakin membengkak.

Mungkin kita semua telah tahu kalau Instalasi air di dalam rumah terdiri dari dua bagian, yaitu instalasi air bersih dan instalasi air kotor. Instalasi air bersih adalah saluran air untuk keperluan rumah tangga seperti mandi, cuci dan masak. Sementara instalasi air kotor adalah instalasi air untuk pembuangan.

Jaringan instalasi air bersih bisa dibuat dengan tipe melingkar atau tipe terputus sesuai dengan kebutuhan air di dalam rumah. Jaringan tipe melingkar membuat tekanan air terbagi rata di setiap titik sedangkan jaringan tipe terputus merupakan kebalikannya.

Instalasi air bersih bisa diletakkan di bawah lantai, di dalam dinding rumah, bahkan di atas plafon sehingga rumah kelihatan rapi dan bersih dari jalur pipa, tetapi perlu diperhatikan letak pipa yang mudah dibuka untuk dilakukan perbaikan apabila sewaktu-waktu terjadi kerusakan rumah khususnya pada bagian instalasi pipa.

Sementara itu, instalasi air kotor biasanya ditempatkan di dalam tanah, sehingga tentu saja bukanlah suatu masalah jika suatu waktu terjadi kebocoran, karena tidak akan mempengaruhi kegiatan penghuni di dalam rumah.

Kecuali jika terjadi mampet, sehingga aliran air terganggu dan akan kembali menggenangi muasal air itu. Untuk itu, jangan pernah membuang sampah ke dalam saluran air. Dan tentu saja gunakan penyaring kotoran agar kotoran tidak masuk dan menyumbat aliran air.

Bagi masyarakat perumahan yang rumahnya berlokasi di dataran tinggi mungkin urusan air bersih bukanlah masalah berarti. Tetapi, untuk masyarakat yang huniannya bekas rawa biasanya akan mengalami maaslah dengan air yang tidak jernih dan berbau. Salah satu solusinya, adalah berlangganan air bersih pada PAM.

Tetapi, sebetulnya ada cara mudah mengatasi air kuning keruh dan bau sangatlah mudah. Masalah air kuning keruh bau karat maupun berminyak umum disebabkan karena zat besi(Fe) dan Kadar mangan (Mg) yang berlebih pada air sehingga menyebabkan endapan pada bak/penampungan.

Ciri-ciri umum air mengandung zat besi dan mangan yaitu air berwarna kuning,keruh terdapat bau tak sedap / bau besi, kadang2 air keluar jernih tetapi jika diendapkan beberapa saat menjadi berubah warna, Kondisi air agak licin,rasa tidak enak,jika digunakan mandi lengket di badan.

Nah, berikut cara menghilangkan air bau, keruh,kuning,karat,berminyak, yang disebabkan oleh tingginya zat besi dan mangan dengan cara sederhana, yakni dengan menggunakan teknik penyaringan dengan alat filtrasi

Cara ini terbukti paling efektif dan ampuh untuk menghilangkan keruh dan bau. Saat ini banyak sekali terdapat aneka merk alat filtrasi air. Soal harga tentu saja semua tergantung kualitas yang dihasilkan.

Related posts