Tips Pemasangan Instalasi Air

Membangun rumah sejatinya tak boleh melupakan pembuatan saluran air yang baik. Jika tanpa pertimbangan bukan tidak mustahil kesulitan malah yang nanti Anda dapatkan ketika rumah sudah berdiri.

Perencanaan jaringan dan pemasangan Instalasi air terbagi kepada dua hal. Pertama instalasi air bersih dan yang kedua instalasi air kotor, keduanya merupakan salah satu bagian utama yang harus diperhatikan. Karena jika pemasangan dilakukan dengan baik dan benar dan suatu waktu terjadi kerusakan keduanya tidak akan sulit diperbaiki.

Apalagi jika yang terjadi kebocoran pada pipa yang diposisikan di dalam tanah atau di dalam dinding, maka untuk mencari pipa yang bocor tersebut akan menemui banyak kesulitan, ujung-ujungnya biaya yang dikeluarkan pun akan semakin membengkak.

Untuk itu, sebaiknya perencanaan jaringan pipa harus dibuat semudah mungkin untuk dideteksi jika ada kebocoran. Biasanya, kebocoran sering terjadi pada sambungan pipa, yang dikarenakan kurang cakap saat melakukan pemasangan sambungan.

Perhatikan pula pembagian jaringan pipa yang harus seimbang. Karena jangan sampai ketika kita sedang mencuci pakaian tiba-tiba mengalami pasokan air yang mengecil akibat keran dibagian kamar mandi dibuka. Gunakan pula pipa PVC yang memiliki kwalitas baik, tindakan ini untuk meminimalisir kebocoran pipa.

Untuk pemasangan instalasi pipa air kotor perhatikan level ketinggian permukaan pembuangan akhir air kotor dengan tinggi permukaan lubang saluran pembuangan air kotor didalam rumah. Saluran pembuangan air kotor didalam rumah harus lebih tinggi, setidaknya 50cm.

Related posts