Apresiasi Peran Perempuan dalam UMKM - Citibank Berikan Penghargaan Sekaligus Bantuan Modal Usaha

NERACA

Tahun ini PBB mengajak masyarakat dunia untuk menggunakan Hari Perempuan Sedunia sebagai momentum untuk mengapresiasi kemajuan yang dicapai oleh kaum perempuan serta merayakan keberanian dan kekukuhan mereka dalam memegang peran penting dalamkomunitas mereka, dan bagaimana mereka memberikan kontibusi terhadap perekononian negara.

Merayakan Hari Perempuan Sedunia 2014,Citi Indonesia melaluiCiti Indonesia Women Council (IWC)memberikan penghargaan kepada delapanperempuan inspiratif pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dari berbagai daerah di Indonesia. Proses identifikasi dan seleksi delapan perempuan inspiratif yang dianggap telah berhasil mendatangkan perubahan untuk diri mereka, komunitas serta lingkungannya dilakukan oleh Citi Indonesia bersama dengan UKM-Center Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FEUI).

“Saat ini, perempuan memegang peran penting dalam pertumbuhan UMKM, yangmerupakan tulang punggung ekonomi di Indonesia. Kami berharap melalui kegiatan apresiasi seperti ini, kontribusi positif serupa dapat tumbuh dan memotivasi lebih banyak perempuan di seluruh pelosok Indonesia,” ungkapKetua Citi IWC, Novita Djani

Sejak tahun 1998, UMKM terbukti telah memberikan kontribusi positif dan berperan penting dalam membangun perekonomian Indonesia. Menurut data Kementerian Koperasi dan UKM, peningkatan jumlah UMKM di Indonesia hingga pertengahan tahun 2013 mencapai 55,2 jutadan 60% diantaranya dikelola oleh perempuan. Hal ini mengukuhkan pentingnya peranan kaum perempuan dalam menyokong perekonomian Indonesia.

“Citi Indonesia memahami betapa pentingnya peranan perempuan di dalam pertumbuhan bisnis dan ekonomi bangsa. Kami memiliki fokus yang kuat atas pengembangankapasitas perempuan sebagai pemimpin dan penggerak roda ekonomi. Perayaan Hari Perempuan Sedunia dan penghargaan kepada delapanperempuan inspiratif yang ada bersama kita hari ini merupakan bagian penting dari komitmen tersebut,” kataCiti Country Officer Indonesia, Tigor M. Siahaan

Citi Indonesia juga bekerjasama dengan UKM-Center FEUI untuk memberikan pelatihan khusus tentang kewirausahaan dan kepemimpinan serta bantuan dana modal usahakepada para perempuan pelaku UMKM yang diharapkan dapat bermanfaat untuk mengembangkan usaha mereka.

Related posts