Casio Sosialisasikan Peran Kalkulator Pada Siswa - Kompetisi Mator

NERACA

Produsen kalkulator merek Casio kembali ke-3 kalinya mensponsori kegiatan “Kompetisi Matematika Kreatif/Matematika Kalkulator (Mator)” untuk siswa siswi tingkat SMA se-DKI Jakarta. Ini merupakan bagian dari kegiatan Corporate Social Responsibility yang dilakukan Casio untuk dunia pendidikan.

Kompetisi Mator 2014 ini digelar oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Matematika SMA DKI sebagai wadah aktivitas guru-guru Matematika di bawah binaan Dinas Pendidikan Provinsi DKI Jakarta. Pada Kompetisi Matematika ke-28 dan Mator ke-3 ini mengangkat tema “Kompetisi Matematika Kreatif”, yaitu kompetisi untuk menyelesaikan soal Matematika dengan memanfaatkan teknologi kalkulator scientific sebagai alat bantu.

“Sebetulnya Casio sudah mensponsori kegiatan Kompetisi Matematika (Komat) sejak 10 tahun. Namun, untuk kompetisi Mator baru tiga tahun terakhir,” ujar Senior Manager Calculator & EMI Division Casio, Wicak

Lebih lanjut Wicak Mengatakan, tujuan utama Casio mendukung Kompetisi Mator mulai dari tahun 2012, 2013 dan 2014 ini adalah untuk memberi dukungan prestasi, khususnya kecakapan memecahkan kasus bidang Matematika dalam dunia pendidikan di Indonesia.

“Namun, itu bukan berarti bahwa anak-anak sekolah harus pakai kalkulator sejak dini. Sebaiknya kalkulator digunakan siswa tingkat SMP ke atas agar kemampuan berhitung anak-anak sudah terasah sejak kecil dan tidak mengandalkan kalkulator untuk berhitung biasa,” jelas Wicak mengingatkan.

Dijelaskan Wicak, kompetisi ini diharapkan menjadi tren di seluruh provinsi Indonesia, tidak hanya dominasi Jakarta. Maklumlah, saat ini eranya kemajuan teknologi informasi yang memudahkan pekerjaan manusia menjadi lebih cepat, efisien, akurat dan ekonomis.

Dengan kalkulator, khususnya scientific, pemahaman terhadap konsep matematika sangat diperlukan untuk menyelesaikan soal. Sebab, jika tidak, maka kalkulator sebagai alat bantu tidak optimal penggunaannya. Nah, kolaborasi pemahaman konsep dasar Matematika dan kalkulator dapat membantu siswa mengerjakan soal lebih cepat dan tepat, sehingga menorehkan prestasi bagi siswa, guru dan sekolah.

Pada babak kualifikasi kejuaraan Mator 2014 ini diikuti oleh sekitar 1.500 siswa yang berasal dari sekitar 120 sekolah SMA. Masa seleksi itu dilakukan dari tanggal 18 Januari 2014 hingga selesai yang berlokasi di 11 SMA di Jakarta, seperti SMAN 3 Jakarta Selatan, SMAN 2 Jakarta Barat, SMAN 13 Jakarta Utara dan SMAN 68 Jakarta Pusat. Ada 40 soal pilihan ganda yang harus diselesaikan para peserta.

Sementara itu, di babak final terjaring sekitar 250 siswa yang digelar pada 8 Februari 2014 lalu. Peserta diberikan lembar ujian berisi 5 soal kasus analisa bentuk essai. Dari babak final ini dipilih juara 1,2,3 dan harapan 1,2,3 dari masing-masing kelas X,XI, dan XII.

Jenis kalkulator yang dipakai dalam kompetisi Mator ini adalah Casio tipe fx-991 ID+ yang menghadirkan menu-menu mata pelajaran yang ada di SMA di Indonesia, yang disesuaikan oleh kurikulum yang berlaku saat ini.

Selain mendukung program Mator, sejak tahun 2009 Casio sudah terlebih dahulu menggelar workshop dan training untuk para guru di Jakarta, Bandung, Jogja, dan daerah lainnya. Termasuk, Training for Trainer, Pembuatan buku suplemen pembelajaran matematika kalkulator, hingga school project. Lewat rangkaian kegiatan itu, program disosialisasikan kepada siswa-siswa lewat pelatihan kelas dan kompetisi matematika kreatif.

BERITA TERKAIT

Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu

  Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu NERACA Jakarta - Di bulan suci Ramadhan PT Waskita…

50 Tahun Nestle MILO - Donasikan 500 Ribu Gelas MILO Bagi Anak Indonesia

Rayakan hari jadi ke-50 dan juga juga memperingati bulan Ramadan, Nestlé MILO bekerja sama dengan Foodbank of Indonesia (FOI) mengadakan…

Boikot Produk Terafiliasi Israel - Pendapatan Merek Global Makin Tergerus

Gerakan boikot konsumen muslim sebagai protes atas pembersihan etnis yang dilakukan militer Israel di Gaza, Palestina, bukannya surut malah makin…

BERITA LAINNYA DI CSR

Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu

  Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu NERACA Jakarta - Di bulan suci Ramadhan PT Waskita…

50 Tahun Nestle MILO - Donasikan 500 Ribu Gelas MILO Bagi Anak Indonesia

Rayakan hari jadi ke-50 dan juga juga memperingati bulan Ramadan, Nestlé MILO bekerja sama dengan Foodbank of Indonesia (FOI) mengadakan…

Boikot Produk Terafiliasi Israel - Pendapatan Merek Global Makin Tergerus

Gerakan boikot konsumen muslim sebagai protes atas pembersihan etnis yang dilakukan militer Israel di Gaza, Palestina, bukannya surut malah makin…