Binus Northumbria Design School

Sekolah Desain Berkelas Dunia

Sabtu, 15/03/2014

Maraknya fashion di setiap kalangan semakin membuat aksesibilitas fashion bergerak ke seluruh penjuru dunia. Tak ayal, profesi di dunia fashion ini pun memiliki masa depan yang cerah. Demi menghasilkan sekolah desain berkelas dunia di Indonesia yang dititikberatkan kepada industri kreatif, Binus University berkolaborasi dengan universitas yang memiliki programfashiontertua di Inggris, memperkenalkan Binus Northumbria Design School (BNDS).

NERACA

“Fashionadalah refleksi kedewasaan jati diri seseorang.” (Desainer Musa Widyatmodjo)

Dahulu busana merupakan kebutuhan primer belaka. Seiring dengan berkembangnya dunia industri, hiburan, informasi dan teknologi, gaya berbusana (fashion) menjadi media untuk menunjukkan eksistensi seseorang dalam komunitasnya. Dengan mengikuti fashion tertentu, seseorang bisa menunjukkan jati dirinya.

Maraknya fashion di setiap kalangan semakin membuat aksesibilitas fashion bergerak ke seluruh penjuru dunia. Ini terlihat dengan tidak sedikitnya anak-anak muda yang berminat untuk menekuni profesi sebagai desainer fashion yang terkesan glamour, mewah dan prestisius ini dengan mencari sekolah-sekolah desain yang berkualitas untuk mengembangkan bakat dirinya dalam menciptakan sesuatu yang baru dan terkini untuk dipamerkan, diproduksi dan akhirnya dipasarkan pada masyarakat.

“Desain anak Indonesia itu sangat kreatif dan punya potensi menjadi besar," tutur Rektor Binus University, Prof Dr Ir Harjanto Prabowo MM

Melirik hal ini,Binus pun memperkenalkan Binus Northumbria Design School (BNDS). BNDS merupakan hasil konsep dari upaya kolaboratif intens antara Binus International dengan Northumbria University, universitas yang memiliki programfashiontertua di Inggris dan terkenal akan program pembelajaran serta kualitas lulusannya.

Harjanto mengungkapkan, dengan kehadiranBNSD tentunya semakin meningkatkan kualitas program pembelajaranGraphic Design & New Media, Fashion DesigndanFashion Managementdimana para mahasiswa bisa mendapatkandual degreedalam waktu 4 tahun tanpa harus ke luar negeri.

“Selain itu, pada setiap akhir semester, tim audit dari Northumbria University - Newcastle, Inggrisakan datang ke Jakarta untuk memberikan penilaian tugas mahasiswa dan mengadakanworkshop serta memberikan masukan kepada dosen untuk pengembangan program,” papar dia

Menilik kerja sama tersebut, belum lama ini, Binus pun mendapat kunjungan oeh Minister of State for Universities and Science of United Kingdom,The Rt Hon David Willetts MP. Dalam kunjungannya keKampus BINUS Senayan - The Joseph Wibowo Center (JWC),The Rt Hon David Willetts MP didampingi olehProf. Andrew Wathey(Vice-Chancellor, Northumbria University)

Northumbria Universitymerupakan perguruan tinggidengan program-program di bidang Design yang telah berpengalaman lebih dari 150 tahun di Inggrisdan terkenal akan program pembelajaran serta kualitas lulusannya. Kerjasama ini dipercaya akan memberikan perkembangan yang berarti dalam menghadirkan pendidikan berkelas dunia di bidang kreatif dengan kurikulum yangup-to-dateuntuk terus meningkatkansoftskills para mahasiswa dalam berkreatifitas sehingga diharapkan dapat memajukan industri kreatif Indonesia.

Seperti diketahui, fashion merupakan salah satu industri yang penting dalam pengembangan Industri Kreatif Indonesia. Tahun lalu, fashionmenjadi penyumbang terbesar kedua terhadapproduct domestic bruto(PDB) Nasional sebesar Rp 181 triliun dari total 15 sektor ekonomi kreatif sebesar Rp 642 triliun.

Sebenarnya kerjasamaBinus denganNorthumbria Universitydanpemerintah Inggristelah terjalin dengan baik sejak beberapa tahun lalu, dimana Binus mendapatgrantPrime Minister Initative 2 (PMI 2)dariThe UK Minister of State for Universities and Scienceuntuk melakukan kolaborasi riset.

Pada tahun 2012, mahasiswaFashion DesigndanFashion Managementdari Binus International dan mahasiswa dariNorthumbria Universitymelakukan riset bersama ke Lombokselama 1 minggu untuk mempelajari kain tenun Lombok. Hasil riset mereka kemudian ditampilkan di ajangJakarta Fashion Week 13.

Dukungan kerjasama juga diperkuat dengan hubungan bilateralpemerintah Inggrisdanpemerintah Indonesiasehingga kolaborasi tersebut tidak berhenti sampai disitu, namun terus diperat dan dikukuhkan dimana pada bulanNovember 2012, telah ditandatangani sebuah MoU diLondonyang disaksikanPresiden Susilo Bambang Yudhoyono.