Mendesai Hunian Idaman

Memilih Konsultan Arsitektur Dan Arsitek

Sabtu, 15/03/2014

Untuk mendesain sebuah hunian idaman, mungkin sebagian orang akan berusaha agar huniannya bisa sesuai dengan apa yang diinginkannya. Salah satunya dengan cara menggambar atau mendesain huniannya sendiri. Namun tidak sebuah terlihatnya, mendesain sebuah hunian memerlukan berbagai perhitungan yang cukup matang, tidak hanya desain saja, namun haruslah jeli dalam memilih bahan dan cara pembuatan huniannya dengan tepat.

Sebuah hunian idaman memang tidak lepas dari desain atau selera pemiliknya, biasanya memang sebelum mendesain sebuah hunian, sang pemilik menuangkan model rumah idamannya dalam sebuah gambar buatan sendiri atau gambar referensi hunian yang sudah jadi untuk contoh. Selanjutnya peran seorang Arsitek dalam mewujudkan hunian idaman yang telah kita impikan. jadi dalam mewujudkan sebuah hunian idaman, peran sebuah Arsitek sangatlah penting, namun tidak hanya peran Arsitek saja.

Lantainya bisa berupa tanah, ubin, babut, keramik, atau bahan lainnya. Rumah modern biasanya lengkap memiliki unsur-unsur ini, dan ruangan di dalamnya terbagi-bagi menjadi beberapa kamar yang berfungsi spesifik, sepertikamar tidur, kamar mandi,WC,ruang makan,ruang keluarga,ruang tamu,garasi,gudang, teras, danpekarangan. Dalam kegiatan sehari-hari, orang biasanya berada di luar rumah untuk bekerja, bersekolah, atau melakukan aktivitas lain, tetapi paling sedikit rumah berfungsi sebagai tempat untuk tidur bagi keluarga ataupun perorangan.

Selebihnya, rumah juga digunakan sebagai tempat beraktivitas antara anggota keluarga atau teman, baik di dalam maupun di luar rumahpekarangan. Rumah dapat berfungsi sebagai: tempat untuk menikmati kehidupan yang nyaman, tempat untuk beristirahat, tempat berkumpulnya keluarga, dan tempat untuk menunjukkan tingkat sosial dalammasyarakat. Memilih dan mendesain rumah idaman memang bukanlah permasalahan yang mudah. Selain tidak bisa sembarangan, memilih dan mendesain rumah juga harus memperhatikan banyak hal.

Itulah sebabnya diperlukan konsultan arsitektur. Pemilihan konsultan arsitektur rumah sangatlah dibutuhkan dalam proses pembangunan rumah atau renovasi rumah, karena konsultan arsitektur dapat memberikan ide dan konsep-konsep menarik yang bisa menjadi masukan bagi kita yang ingin membangun atau merenovasi bangunan rumah kita. Namun di dalam pemilihan konsultan rumah sebaiknya kita memperhatikan banyak hal.

Sebelum memilih konsultan sebaiknya kita memerhatikan beberapa hal seperti mencari tahu dan mengumpulkan berita juga rekam jejak dari konsultan arsitektur yang akan kita pilih, konsultan yang memiliki rekan jejak baik pasti akan terkenal dengan baik dan memiliki reputasi yang sangat baik dalam dunia konsultan. Saat memilih konsultan untuk arsitek rumah atau bangunan sebaiknya kita memperhatikan sertifikat dari konsultan tersebut, hal ini untuk memastikan apakah konsultan tersebut tepercaya atau tidak.

Pada umumnya setiap konsultan arsitektur memiliki sertifikat dan sudah tersertifikasi. Saat mencarikonsultan arsitekturrumah sebaiknya kita juga memperhatikan portofolio yang sudah mereka miliki dan lihatlah hasil dari pekerjaan mereka. Cari tahu mengenai kinerja dari konsultan arsitektur yang sudah kita pilih melalui forum desain, forum arsitektur dan forum properti lainya. Saat sudah menemukan konsultan arsitek yang cocok dan pas dengan kita pastikan kita juga memperhatikan konsep atau ide yang dipunyai oleh konsultan tersebut agar keinginan kita dapat terwujud.

Cek dan teliti mengenai harga yang diberikan oleh sang konsultan apakah sudah sesuai dengan dana kita dan apakah sang konsultan dapat memberikan paket - paket murah yang bisa kita gunakan. Mintalah referensi dari saudara atau teman yang sudah pernah menggunakan jasa konsultan rumah atau banyak baca dan berkunjung ke forum - forum desain arsitektur yang kita bisa temukan di internet karena di forum tersebut kita dapat menemukan konsultan arsitektur yang profesional dan berpengalaman.