Wisata Kuliner Di Kota Bau-Bau

Berburu Jajanan Tradisional

Sabtu, 15/03/2014

Mengunjungi Kota Bau-Bau memang belum lengkap bila tidak menyicipi kuliner-kuliner yang terdapat di kota ini. Ada banyak tempat untuk memenuhi selera makan kita. Terdapat sekitar 50-an jenis warung makan yang bisa disebut berkelas dan letaknya antara satu dengan yang lainnya tidak berjauhan.

Kawasan Pujaserata atau Pusat jajanan serba ada dan tradisonal Betoambari terletak di kompleks Alun-alun Betoambari ini adalah salah satu tempatnya. Awalnya tempat ini merupakan stadion olah raga tetapi kemudian diubah menjadi ruang umum terbuka.

Di sini kita akan mendapatkan pusat jajanan yang higienis dengan harga yang terjangkau. Semua jajanan di sini terbingkai dalam etalase kaca. Mengapa tidak beranikan juga diri kita untuk meminta resep kuliner atau kudapan di sini selain tentunya oleh-oleh untuk dibawa pulang. Beragam aneka kudapan dari makanan hingga kue-kue tradisonal tersedia.

Salah satunya kasuami dan tuli-tuli yang terbuat dari ubi singkong. Ada juga beragam sayuran, ikan-ikanan siap untuk kita santap. Mirip seperti pusat jajanan di kawasan Senen Jakarta tetapi lebih nyaman dengan panorama terbuka, cocok untuk santap malam bersama keluarga.

Tempat berwisata kuliner berikutnya adalah di Pantai Kamali. Pantai Kamali merupakan kawasan yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Di sini kita bisa menikmati jajanan khas sepanjang pantai. Seperti pantai Losari di Makassar maka di Kamali kita juga akan dapatkan pantainya yang sangat bersih dan menikmati suasana pecinan.

Bila mencari makanan yang sedikit modern, kita bisa dapatkan di Lakeba Resort. Sebuah restoran dengan panorama teluk Baubau. kitapun dapat memancing di sini. Resort Lakeba terletaknya 7 km dari pusat kota Bau-Bau. Ada juga Restoran Silvana dengan menu khas ayam goreng-nya dan parende yaitu ikan berkuah.

Jangan sampai ketinggalan untuk menyicipi jajanan yang satu ini, kita perlu juga mencicipi kabuto yaitu makanan khas masyarakat Buton yang berbahan dasar adalah ubi kayu yang telah dikeringkan dan dibiarkan berjamur. Semakin lama disimpan dalam keadaan kering maka akan makin enak rasa dan aromanya. Cobalah dicampur kelapa parut dan ditambah menu ikan asin goreng sebagai lauknya maka benar-benar memanjakan lidah kita.