Citi Indonesia Apresiasi Peran Perempuan

Rabu, 12/03/2014

NERACA

Jakarta - Citibank Indonesia, melaluiCiti Indonesia Women Council (IWC), memberikan penghargaan kepada delapanperempuan inspiratif pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dari berbagai daerah di Indonesia. Proses identifikasi dan seleksi delapan perempuan inspiratif yang dianggap telah berhasil mendatangkan perubahan untuk diri mereka, komunitas serta lingkungannya dilakukan oleh Citi Indonesia bersama dengan UKM-Center Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

“Saat ini, perempuan memegang peran penting dalam pertumbuhan UMKM, yangmerupakan tulang punggung ekonomi di Indonesia. Kami berharap melalui kegiatan apresiasi seperti ini, kontribusi positif serupa dapat tumbuh dan memotivasi lebih banyak perempuan di seluruh pelosok Indonesia,” ungkapNovita Djani, Ketua Citi IWC, di Jakarta, Selasa.

Sejak 1998, UMKM terbukti telah memberikan kontribusi positif dan berperan penting dalam membangun perekonomian Indonesia. Menurut data Kementerian Koperasi dan UKM, peningkatan jumlah UMKM di Indonesia hingga pertengahan 2013 mencapai 55,2 juta, dan 60% diantaranya, dikelola oleh perempuan. Hal ini mengukuhkan pentingnya peranan kaum perempuan dalam menyokong perekonomian Indonesia.

Citibank Indonesia juga bekerjasama dengan UKM-Center FEUI untuk memberikan pelatihan khusus tentang kewirausahaan dan kepemimpinan serta bantuan dana modal usahakepada para perempuan pelaku UMKM yang diharapkan dapat bermanfaat untuk mengembangkan usaha mereka. [ardi]