Diet Bisa Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Sabtu, 15/03/2014

NERACA

Kebanyakan orang melakukan diet untuk menurunkan berat badan dan tekanan darah, Dari hasil studi menyebutkan bahwa diet juga efektif diterapkan untuk mencegah penyakit, termasuk batu ginjal. Bagaimana caranya?

Para peneliti mengatakan hal tersebut mungkin dilakukan dengan dasar pola makan DASH (Dietary Approaches to Stop Hypertension). Diet DASH meliputi lebih banyak konsumsi buah, sayur, produk susu rendah lemak, dan lebih mengutamakan konsumsi gandum, ikan, kacang-kacangan, serta makanan yang kaya magnesium, kalium serta kalsium.

Sampai saat ini belum ditemukan penyebab spesifik dari batu ginjal. Mereka terbentuk ketika urin tidak bisa mencairkan kristal mineral seperti kalsium, oksalat dan asam urat. Kristal-kristal ini kemudian saling menempel dan menciptakan batu ginjal.

"Penelitian sebelumnya merekomendasikan bahwa pasien batu ginjal sebaiknya menerapkan diet rendah oksalat untuk mencegah terbentuknya batu lain. Namun kini diet DASH bisa lebih bermanfaat karena mencerminkan diet yang lebih seimbang, sehingga lebih mudah dan realistis untuk dilakukan dalam jangka panjang," ungkap Dr Kerry Willis, peneliti dari National Kidney Foundation.

Penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Kidney Diseases dilakukan dengan melibatkan 41 orang yang menerapkan diet DASH atau diet rendah oksalat selama 8 pekan. Rata-rata para peserta yang menerapkan diet DASH risiko batu ginjalnya turun hingga 35%. Sementara mereka yang menerapkan diet rendah oksalat risikonya turun sebanyak 14%.

Para peneliti menyimpulkan bahwa penggabungan asupan berkalsium dan kaya oksalat lebih efektif mencegah batu ginjal dibandingkan membatasi oksalat. Bila dikonsumsi bersama-sama, oksalat dan kalsium lebih mungkin terikat dalam perut dan usus. Pada akhirnya, kecil kemungkinan bahwa batu ginjal akan terbentuk.

"Kebanyakan orang tidak makan satu jenis nutrisi seperti oksalat saja, tetapi makanan yang terdiri dari berbagai nutrisi. Jadi diet yang tepat dapat menjadi lebih efektif terhadap risiko pembentukan batu ginjal secara keseluruhan," papar Nazanin Noori, pemimpin studi dari Hospital for Sick Children.

Beberapa tips mudah mencegah pembentukan batu ginjal di antaranya minum banyak air putih, memperbanyak konsumsi buah-buahan dan sayuran, membatasi konsumsi susu tinggi lemak, garam dan protein hewani.