APP Luncurkan Program Bank Sampah

Selasa, 11/03/2014

Bentuk kepedulian pada lingkungan dan tanggung jawab sosial perusahaan Asia Pulp & Paper Group (APP) tidak hanya bersifat charity, tetapi juga memberdayakan masyarakat dan salah satunya pengembangan masyarakat melalui Bank Sampah Masyarakat. Informasi tersebut disampaikan perseroan dalam siaran persnya di Jakarta, kemarin.

Bekerjasama dengan Indonesia Global Compact Network (IGCN), Wahana Visi Indonesia (mitra World Vision Indonesia) dan beberapa perusahaan swasta lainnya, APP meluncurkan program ini dilakukan di dua RW di Kelurahan Penjaringan, Jakarta Utara,”Program ini dilakukan bertujuan agar masyarakat dapat mengelola sampah di lingkungannya secara terpadu. Hal ini diharapkan juga dapat membantu program Pemerintah Kota Jakarta dalam membangun kota Jakarta yang bersih, sehat dan bebas banjir,”kata Direktur Program Manager APP, Librian Angraeni.

Selain itu, lanjutnya, diharapkan dengan berjalannya program ini, sekitar 7000 penduduk RW 12 dan 13 Kelurahan Penjaringan bisa merasakan manfaat positifnya, serta menjadi percontohan bagi kawasan-kawasan yang lain.

Program Bank Sampah ini dilakukan dalam beberapa fase yaitu koordinasi dan sosialisasi program, seleksi dan pelatihan pengelola, persiapan infrastruktur, uji coba bank sampah, pelatihan masyarakat, peresmian, monitoring dan evaluasi. Setelah melalui beberapa pelatihan dan tahapan diatas diharapkan masyarakat dapat melakukan pemilahan sampah rumah tangga sehingga sampah dapat melalui proses daur ulang atau proses composting tergantung jenis sampah. Dengan begitu masyarakat dapat menikmati tambahan pendapatan dari hasil pengelolaan sampah tersebut. (bani)