Dua Merek Bergabung, Penjualan Merck Bakal Naik 55%

Selasa, 11/03/2014

NERACA

Jakarta–Divisi Consumer Health Merck telah bertambah besar secara signifikan seusai bergabungnya Neurobion®, merek vitamin B terkemuka di dunia dan Floratil® , merek antidiare probiotik terkemuka asal Brazil, dari Divisi Merck Serono. Bergabungnya kedua merek ini akan meningkatkan penjualan tahunan divisi Consumer Health hingga sekitar 55% menjadi lebih dari $ 1 miliar (> € 740 juta).

“Bergabungnya merek Neurobion dan Floratil ke dalam divisi Consumer Health akan semakin memperkuat keberadaan kami di pasar negara-negara berkembang juga bertambahnya dua merek terkemuka ke dalam portofolio kami. Kami melihat banyak potensi untuk memperkuat kedua merek ini melalui pendekatan yang berpusat pada konsumen (consumer centric approach). Strategi ini merupakan langkah penting bagi perjalanan kami untuk mengembangkan minimal 3% total saham di setiap pasar utama dan paling sedikit memiliki 3 merek ternama, yang berfokus pada pasar investasi strategis kami,” ujar Udit Batra, CEO dan Presiden dari Divisi Consumer Health, dalam siaran pers yang dikutip Neraca di Jakarta, Senin (10/3).

Merek Neurobion dan Floratil merupakan pemimpin pasar di tiap kategorinya,di mana mayoritas bisnisnya berkembang pesat di pasar negara-negara berkembang seperti Amerika Latin dan Asia. Peralihan ini merupakan hasil analisis lintas divisi yang mengidentifikasikan dengan masuknya kedua merek tersebut ke dalam portofolio Consumer Health, dapat memberikan manfaat kepada keduanya. ‘Konsumerisasi’ Neurobion dan Floratil di masa mendatang diharapkan akan memberikan nilai tambah bagi Grup Merck.

Peralihan ini akan menguntungkan merek Neurobion dan Floratil untuk memperoleh manfaat dari Consumer Health yang selalu berfokus pada kepentingan konsumen, sekaligus memungkinkan Merck Serono untuk lebih berfokus pada inovasi obat resep. Perubahan ini juga menyebabkan pegeseran penekanan pasar pada negara-negara berkembang yang dibidik oleh divisi Consumer Health. Total penjualan yang akan didapat oleh Consumer Health dari pasar negara berkembang, diperkirakan akan bertambah dari 28% menjadi 51% melalui langkah peralihan ini. Penggabungan operasional Neurobion dan Floratil telah dilakukan pada tanggal 31 Desember 2013.

“Peralihan kedua merek ini merupakan refleksi dari pencapaian kesuksesan divisi yang terus menerus secara konsisten meningkatkan pertumbuhan dan menciptakan nilai penting bagi merek konsumen” kata Stefan Oschmann, Anggota Dewan Eksekutif Merck dan CEO Pharma, yang bertanggung jawab atas Merck Serono dan divisi Consumer Health. “Perubahan ini memungkinkan bisnis Consumer Health untuk dapat terus melanjutkan peralihan yang berfokus pada pasar negara berkembang,” ujarnya.

Saat ini Divisi Consumer Health Merck (kecuali Neurobion dan Floratil) telah mengumumkan pencapaian keuangannya di tahun 2013, yang menunjukkan peningkatan laba (item tidak berulang sebelumnya atas pendapatan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi) dari 8,5% menjadi € 72 juta, berdasarkan peningkatan penjualan organik sebesar 5,6% (dibandingkan dampak pertukaran asing negatif sebesar -4,7%) menjadi total € 477 juta. Pasar Eropa dan negara-negara berkembang merupakan pendorong utama bagi peningkatan angka penjualan organik yang kuat. Empat dari delapan merek strategis (Cebion®, Sangobion®, Kytta® dan Femibion®) mencapai tingkat pertumbuhan organik dua digit dan meraih pangsa pasar di berbagai wilayah utama divisi ini, sementara untuk merek Bion®, Nasivin® and Sedalmerck® semuanya membukukan pertumbuhan sebanyak satu digit mulai dari tingkat menengah sampai tingkat tinggi. Selain alokasi sumber daya yang lebih baik, struktur biaya divisi ini memperoleh manfaat dari berbagai langkah yang diterapkan sebagai bagian dari program peralihan dan pertumbuhan “Fit for 2018” perusahaan yang berdampak pada perubahan portofolio produk dan keluarnya dari pasar yang tidak menguntungkan.