Produk ETF, Investasi Paling Fleksibel

Jumat, 07/03/2014

PT Bursa Efek Indonesia (BEI) resmi mencatat produk reksadana bernama "exchanged trade fund" (ETF) dengan komposisi portofolio saham-saham yang terdaftar pada indeks harga saham infrastruktur (SMinfra18).

Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan BEI Uriep Budhi Prasetyo mengatakan, perusahaan pengelola investasi lainnya diharapkan dapat memanfaatkan indeks yang ada di bursa sebagai acuan membuat produk investasi,”BEI memiliki berbagai macam indeks, salah satunya indeks SMinfra18. Diharapkan reksadana ETF SMinfra18 ini dapat menjadi acuan investasi bagi investor ke depannya," ujarnya di Jakarta, Kamis (6/3).

Dia mengemukakan, produk reksadana ETF SMinfra18 ini merupakan yang keenam dicatatkan di BEI. Reksadana premier ETF SMinfra18 ini memiliki kode perdagangan 'XISI',”Produk reksadana ETF ini diharapkan juga dapat meramaikan pasar modal Indonesia serta dapat meningkatkan produk domestik bruto (PDB) secara tidak langsung," kata dia.

Menurut Uriep, produk ETF merupakan salah satu kendaraan investasi yang memiliki fleksibilitas tinggi dan meyederhanakan investasi pemodal di pasar saham Indonesia. Sementara Direktur Utama PT Indo Premier Investment Management, John D Item menambahkan, penerbitan produk reksadana ETF SMinfra itu bekerjasama dengan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI) selaku pemilik indeks SMinfra18,”Kami memilih tema infrastruktur mengingat pembangunan infrastruktur di dalam negeri yang harus dilakukan secepatnya guna mendorong Indonesia masuk dalam 10 besar perekonomian dunia pada tahun 2025 mendatang dengan total PDB sebesar US$ 4,5 triliun dolar," ujarnya. (bani)