Ajak Masyarakat Kurangi Penggunaan Plastik - WWF-Earth Hour Indonesia

NERACA

Hari Peduli Sampah Nasional yang jatuh pada tanggal 21 Februari mengingatkan kita pada bencana banjir yang dialami di banyak kota belum lama ini. Walau disebabkan oleh cuaca ekstrem dan badai, sedikit banyak banjir  juga merupakan dampak pengelolaan sampah yang buruk. Oleh karenanya, Hari Peduli Sampah Nasional adalah momentum tepat untuk mengajak masyarakat untuk memulai gaya hidup yang lebih ramah lingkungan. 

Bersamaan dengan momen tersebut, WWF-Indonesia bersama Komunitas Earth Hour melakukan kegiatan Kampanye Earth Hour Indonesia dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah, melalui pencanangan aksi yang diberi nama KolaborAKSI SERENTAK: “Ini Aksiku! Mana Aksimu?”. Pencanangan aksi ini dilakukan di area Car Free Day Jakarta, dan berlangsung serentak di 23 kota pendukung Kampanye Earth Hour Indonesia. 

Direktur Komunikasi dan Advokasi WWF-Indonesia, Nyoman Iswarayoga menuturkan, plastik tanpa kita sadari sudah menjadi bagian rutin dari keseharian kita, namun masyarakat masih tak sadar akan dampak dari penggunaan plastik yang berlebihan.

“Selain sulit terurai secara alami, plastik juga memiliki potensi dampak terhadap kesehatan manusia bila dibakar secara bebas, maupun terhadap satwa-satwa liar. Mari mulai dari diri kita sendiri, kurangi penggunaan plastik dari sekarang," ujar dia

KolaborAKSI SERENTAK: “Ini Aksiku! Mana Aksimu?”, sambung dia, membawa misi utama mengajak masyarakat setempat melakukan perubahan yang mudah dan murah, dengan mengurangi sampah plastik yang kita hasilkan setiap hari. Aksi yang dinamai #PlastikTakAsik ini diikuti oleh 23 kota pendukung kampanye Earth Hour Indonesia, yaitu: Jakarta, Tangerang, Bandung, Bekasi, Bogor, Solo, Semarang, Yogyakarta, Kota Batu, Malang, Sidoarjo, Kediri, Denpasar, Banda Aceh, Padang, Palembang, Pekan Baru, Balikpapan, Samarinda, Pontianak, Banjarmasin, Palangkaraya, dan Makassar.

Di Jakarta sendiri aksi #PlastikTakAsik dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan Car  Free Day yang berlangsung 21 Februari 2014 lalu, dilakukan di area Semanggi, Sudirman, dan Bundaran HI, melalui tiga macam kegiatan, yaitu aksi pengumpulan sampah untuk mengetahui besaran potensi sampah plastik selama Car Free Day.  Aksi Upcycle, yaitu pembuatan tas belanja dari kaos bekas di depan Menara BCA. Aksi pengumpulan tas belanja bukan plastik yang tak terpakai untuk mendukung kampanye tas pakai ulang di depan Menara BCA.

Aksi #PlastikTakAsik didukung oleh lebih dari 100 orang relawan individu dan komunitas, seperti Himpunan Astronomi Amatir Jakarta, Line Magic, Si Dalang, Jumper Parkour Freerun, Couch Surfing, Bike to Work, 1001 buku, Peta Hijau Jakarta, Yoyo, Uttara ID, Federal Jakarta, Kampus  London School of Public Relations, Kampus Universitas Bakrie, dan Pramuka. 

Masih dalam rangkaian Kampanye Earth Hour Indonesia tahun ini, kolaborAKSI SERENTAK: “Ini Aksiku! Mana Aksimu?” masih akan berlangsung dua kali lagi, yaitu pada 9 Maret dengan tema “Hemat Kertas dan Tisu” serta pada 23 Maret 2014 dengan tema “Air dan Energi”.  

Puncak Kampanye Earth Hour Indonesia akan dilakukan melalui aksi global mematikan lampu pada 29 Maret mendatang, mulai pukul 20.30 – 21.30 waktu setempat di seluruh negara peserta Earth Hour.

BERITA TERKAIT

Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu

  Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu NERACA Jakarta - Di bulan suci Ramadhan PT Waskita…

50 Tahun Nestle MILO - Donasikan 500 Ribu Gelas MILO Bagi Anak Indonesia

Rayakan hari jadi ke-50 dan juga juga memperingati bulan Ramadan, Nestlé MILO bekerja sama dengan Foodbank of Indonesia (FOI) mengadakan…

Boikot Produk Terafiliasi Israel - Pendapatan Merek Global Makin Tergerus

Gerakan boikot konsumen muslim sebagai protes atas pembersihan etnis yang dilakukan militer Israel di Gaza, Palestina, bukannya surut malah makin…

BERITA LAINNYA DI CSR

Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu

  Waskita Gelar Doa Bersama dan Beri Santunan Anak Yatim Piatu NERACA Jakarta - Di bulan suci Ramadhan PT Waskita…

50 Tahun Nestle MILO - Donasikan 500 Ribu Gelas MILO Bagi Anak Indonesia

Rayakan hari jadi ke-50 dan juga juga memperingati bulan Ramadan, Nestlé MILO bekerja sama dengan Foodbank of Indonesia (FOI) mengadakan…

Boikot Produk Terafiliasi Israel - Pendapatan Merek Global Makin Tergerus

Gerakan boikot konsumen muslim sebagai protes atas pembersihan etnis yang dilakukan militer Israel di Gaza, Palestina, bukannya surut malah makin…