Penyampaian SPT untuk Tingkatkan Peran Pelaku Usaha

NERACA

Yogyakarta - Penyampaian surat pemberitahuan tahunan diharapkan dapat meningkatkan kerja sama dan dukungan dari semua pihak terkait serta peran para pelaku usaha khususnya di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta.

"Hal itu dilaksanakan untuk dapat melakukan pemenuhan hak dan kewajiban perpajakannya, sehingga turut memberikan kontribusi langsung pada penerimaan pajak penghasilan orang pribadi dalam negeri," kata Direktur Jenderal Pajak Ahmad Fuad Rahmany di Yogyakarta, kemarin.

Selain itu, kata dia pada "Penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan Pajak Penghasilan Orang Pribadi Sebagai Panutan dan Apresiasi Pajak", pajak penghasilan kepada daerah atas pajak yang disetorkan juga akan meningkatkan penerimaan pajak secara nasional khususnya penerimaan pajak Kantor Wilayah DJP DIY.

Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan penyampaian SPT tahunan diselenggarakan dengan maksud agar menjadi panutan masyarakat untuk tertib membayar pajak sesuai dengan tata cara yang benar.

"Hal itu dimaksudkan untuk mendukung peningkatan kepatuhan penyampaian SPT dengan mendorong masyarakat. Penyampaian SPT dilakukan lebih awal itu dimaksudkan agar tidak terlambat," katanya.

Selain itu, kata dia, kegiatan tersebut merupakan pertemuan dengan seluruh pemangku kepentingan, sebagai bentuk penghargaan karena telah melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan dengan tertib selama 2013.

Dalam kegiatan itu juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman antara Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak dengan Pemerintah DIY, Kanwil DJP DIY dengan Kota Yogyakarta.

Selain itu, Kanwil DJP DIY dengan Kabupaten Sleman, Kanwil DJP DIY dengan Kabupaten Bantul, Kanwil DJP DIY dengan Kabupaten Kulon Progo, dan Kanwil DJP DIY dengan Kabupaten Gunung Kidul. [ardi]

Related posts